Vinkmag ad

Bupati Balangan dan Petani Panen Cabai Keriting

Bupati Balangan H Abdul Hadi, Kapolres Balangan, dan masyarakat panen cabai keriting, Senin (23/1/2023).

Kapolres Balangan bersama Bupati Balangan dan Kepala DKP3 Balangan berkolaborasi melaksanakan penanaman terong yumi di lahan milik Kasat Intel, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Paringin Selatan, Senin (23/1/2023).

Bukan hanya melakukan penanaman, rombongan juga melakukan panen bersama cabe keriting yang ke 16 kalinya.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI dalam Rakornas Forkopimda terkait pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi daerah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” kata Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin disela acara.

Kapolres menyebut bahwa isu perkembangan ekonomi dunia tahun 2023 – 2024 akan gelap apabila kita tidak peka terhadap situasi pertumbuhan ekonomi.

“Kami Polres Balangan sebagai penyumbang sedikit upaya dalam rangka pengendalian inflasi, tentu saja domainnya Pemkab Balangan, dan kami turut membantu mendukungnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Balangan Abdul Hadi juga memaparkan sejumlah program dan dukungan Pemkab Balangan terhadap para petani Balangan sebagai upaya pengendalian inflasi.

“Dalam tahun 2022 dan 2023 kita memberikan bantuan kepada para petani berupa pupuk, obat-obatan, dan alat pertanian untuk mendorong petani kita lebih bergairah lagi untuk meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Bahkan selain adanya bantuan dari sektor pertanian, Pemkab Balangan juga menyalurkan bantuan diantaranya, bantuan BBM untuk organda, kemudian bantuan kepada UMKM.

“Terbaru kita akan launching pinjaman tanpa bunga di Bank Perkreditan Rakyat (BPR), ini bagian daripada upaya pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah kita,” paparnya.

Nantinya di BPR masyarakat bisa meminjam maksimal Rp20 juta per orang dan di Bank Kalsel maksimal sebesar Rp50 juta per orang.

“Mekanisme persyaratannya tetap seperti biasa, pelaku UMKM bisa meminjam uang dengan catatan mereka sudah 2 tahun menggeluti usahanya, usaha di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, jasa, industri rumahan, bisa kita fasilitasi dengan pinjaman tanpa bunga,” pungkasnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Paman Birin Dikukuhkan Jadi Ketum Kerukunan Bubuhan Banjar

Read Next

Puluhan Pegawai Kerja Bakti di Lingkungan Dishut Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular