Vinkmag ad

BPBD: Indeks Resiko Bencana di Balangan Menurun

Kepala BPBD Balangan H Rahmi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) Pusat menilai indeks Resiko Bencana (IRB) Kabupaten Balangan pada 2022 mengalami penurunan cukup signifikan.

Sebelumnya, IRB ditahun 2021 ada pada angka133,37 dan tahun 2022 berada pada angka 126,16.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan terjadi penurunan yang cukup signifikan pada IRB Balangan, yakni sebesar 0,43.

“Alhamdulillah IRB kita dibandingkan dengan provinsi masih di bawah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Berbanding terbalik dengan IRB, Indeks Ketahanan Daerah (IKD) Kabupaten Balangan di 2022 terjadi peningkatan.

“Berdasarkan rilis BNPB pusat, IKD Balangan meningkat, ditahun 2021 IKD berada di angka 0,39 dan pada tahun 2022 naik menjadi 0,43,” bebernya.

Korelasinya ungkapnya, jika IKD meningkat, maka IRB akan menurun. Jadi IKD Balangan masuk dalam kategori kelas sedang.

Menurut dia, semua ini berkat dukungan semua pihak dan stakeholder serta seluruh instansi lintas sektor yang sudah menjalankan peran dan fungsi berkenaan dengan mendukung peningkatan kemampuan dan ketahanan bencana daerah.

H Rahmi menjelaskan, indikator dari IRB ini ada tujuh prioritas yang harus dipenuhi di bidang penguatan dan kelembagan, pengkajian terhadap risiko dan perencanaan terpadu, pengembangan sistem informasi.

Selanjutnya pada diklat dan logistik, penanganan tematik kawasan bencana, peningkatan efektivitas pencegahan dan mitigasi, perkuatan kesiapsiagaan dan penanganan bencana dan pengembangan sistem pemulihan pasca bencana.

“Prioritas ini secara bertahap akan kita penuhi dengan dukungan berbagai pihak yang terlibat, hal ini selalu dinilai setiap tahunnya dalam rangka kesiagaan dalam menghadapi ancaman bencana,” katanya.

Adapun tujuan adanya IRB dan IKD ini adalah dalam rangka mendorong daerah untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuannya bersama masyarakat dalam menghadapi bencana.

Pihaknya berharap ditahun 2023 ini dukungan dari semua pihak terkait kebencanaan sesuai dengan topuksi dan perannya masing-masing agar lebih maksimal dalam mitigasi dan kesiapsiagaan dalam bencana di Balangan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

45 Peserta Asal Batola Ikut Lomba Balogo se-Kalsel

Read Next

PKK Balangan Gelar Pasar Murah saat Family Fun Day

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular