Vinkmag ad

Raup Rp 361 Juta, Pria Ini Menipu Pakai Suara Wanita

ED di Mapolres Kotabaru, Jumat (2/12/2022).

Satuan Reserse Kriminal Polres Kabupaten Kotabaru, Kalsel, kembali merilis kasus dugaan penipuan yang dilakukan oleh pelaku berinisial ED, Jumat (2/12/2022).

ED sebelumnya diringkus Macan Bamega pada Selasa (29/11/2022) di Jalan Cimpedak Komplek Jone Indah RT 09, Desa Jone, Kecamatan Tanah Gerogot, Kabupaten Paser, Kaltim.

Kasat Reskrim Polres Kotabaru, AKP Abdul Jalil, melalui Konferensi Persnya mengatakan, tersangka ED dengan korban FA sudah saling kenal.

Saat tersangka berteman dengan korban, tersangka memperkenalkan teman wanitanya yang bernama Adel lewat Facebook. Adel tersebut dikatakan pelaku sebagai Dokter Hewan.

“Yang di mana kawannya tersebut (Adelia) fiktif, tidak ada. Jadi, si pelaku tersebut berpura-pura sebagai seorang wanita yang dikenalkan itu. Jadi dari Januari mereka kenalan sampai November tahun 2022,” kata AKP Abdul Jalil kepada media, Jum’at (2/12/2022).

Jalil melanjutkan, hubungan korban dengan Adelia sangat intens melalui jejaring WhatsApp. Padahal, korban dengan Adelia tidak pernah bertemu.

“Kemudian korban dijanjikan menikah oleh pelaku dengan syarat mengirimkan uang. Di mana uang itu dikirim transfer dua kali sehingga totalnya kerugian dari pada korban yaitu Rp 361.700.000 dari hasil tipu-tipu. Jadi, pelaku wanitanya ini tidak ada, pelaku pria ini (ED) yang berperan sebagai pelaku wanita (Adelia),” lanjutnya

Lebih jauh Jalil membeberkan, pelaku disangkakan pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman 4 tahun penjara. Menurutnya, pelaku sengaja melakukan tindak pidana penipuan.

“Kami juga memberikan himbauan kepada masyarakat Kotabaru agar jangan mudah percaya, jangan mudah dibohongi, apa lagi dengan perkembangan teknologi saat ini semuanya bisa diakses. Bahkan anda video call aja wajah anda bisa dirubah,” tekan Jalil

Sedikit diketahui, uang yang diberikan korban kepada pelaku adalah uang pemberian orang tua. Saat ini, status korban belum bekerja.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Bappeda Kalsel Luncurkan Inovasi Si Palui Eksis

Read Next

Gubernur Sahbirin Noor Dorong Kabupaten HSS Lebih Maju

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular