Vinkmag ad

Cegah Banjir, Dishut Kalsel Dorong Sinergi Penghijauan

Kepala Dishut Kalsel Hj. Fatimatuzzahra.

Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, Hj Fatimatuzzahra, mendorong semua kabupaten/kota yang rentan banjir untuk gencar menanam pohon dengan memanfaatkan bibit gratis yang disiapkan Pemprov Kalimantan Selatan.

Ia mengimbau kepala daerah menginformasikan kepada masyarakat, SKPD, dan camat agar memanfaatkan bibit gratis, baik bibit kayu dan bibit buah-buahan yang bisa diambil hasilnya.

“Kami mengharapkan bisa sinergi antara Pemprov Kalsel, kabupaten/kota, misalnya Barabai kejadiannya sangat parah banjirnya. Kami berupaya melaksanakan RHL di sana,” kata Fatimatuzzahra, Rabu 30 November 2022.

Selain itu, pihaknya mengalokasikan melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa kebun bibit desa yang ditanam oleh masyarakat setempat. Namun, kata dia, hal itu belum cukup jika masyarakat tidak antusias menghijaukan lingkungan yang bisa mencegah erosi permukaan tanah.

“Otomatis, jika curah hujannya tinggi, paling tidak bisa meminimalisir terjadinya aliran permukaan yang terjadi di sana. Akar tanaman berpengaruh sekali terhadap kekuatan tanah saat hujan deras, erosi permukaan bisa diminimalisir,” lanjut Aya, sapaan Fatimatuzzahra.

Menurut Aya, Dishut Kalsel melalui Balai Perbenihan Tanaman Hutan telah memproduksi 1,5 juta bibit pohon. Dari angka itu, ada 1 juta bibit yang telah didistribusikan melalui RHL, masyarakat, dan KPH. Kemudian, BP DAS Barito memproduksi 1,5 juta bibit pohon. Tapi ia belum tahu berapa angka bibit yang telah disebar oleh BP DAS Barito karena di bawah Kementerian LHK.

“Paling tidak di akhir tahun ini kami produksi lagi bibit produktif. Masyarakat bisa memanfaatkan bibit tersebut ditenam di lahan kebun atau pekarangan rumahnya,” ujar Aya.

Pihaknya sudah meminta KPH dan penyuluh kehutanan untuk mendetailkan areal-areal yang potensial ditanami bibit pohon. “Yang pasti saat ini lagi berproses di Kementerian LHK untuk pelepasan kawasan Bendung Riam Kiwa, khususnya di Kabupaten Banjar,” kata Aya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Pemkab Batola Komitmen Tingkatkan Layanan Publik

Read Next

Festival Sepakbola U-12 Paman Birin Cup 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular