Vinkmag ad

Pemprov Kalsel Raih Bhumandala Kanaka 2022

Wagub Kalsel H Muhidin menerima Bhumandala Award 2022, Jumat (25/11/2022).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dianugerahi lagi Bhumandala Award Tahun 2022 dari Badan Informasi Geospasial (BIG) di kategori paling bergengsi yakni Bhumandala Kanaka atau emas di kelompok provinsi.

Penghargaan Bhumandala Kanaka atau simpul jaringan untuk kategori provinsi ini diberikan bersamaan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Piagam Bhumandala Award 2022 diserahkan Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfa’i kepada Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Muhidin pada Penganugerahan Bhumandala Award tahunqq 2022 yang berlangsung Jumat malam (25/11/2022), di Hotel Borobudur Jakarta.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras kita bersama,” ujar Wagub Muhidin.

Wagub yang diminta sambutannya usai penyerahan penghargaan, pertama ia menyampaikan salam Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang tidak bisa hadir langsung di acara.

Lalu, Muhidin yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira dan Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi Noor ini pun menyampaikan terima kasih kepada panitia dan juri Bhumandala Award 2022 yang melakukan penilaian.

Pemprov Kalsel dan kabupaten kota ujarnya lagi, berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja simpul jaringan dalam rangka mewujudkan satu peta, satu data dan menyongsong Indonesia emas.

Penganugerahan penghargaan simpul jaringan merupakan bentuk apresiasi BIG kepada simpul-simpul jaringan dengan tujuan untuk memotivasi, menginspirasi, memperkuat, dan meningkatkan semangat kementerian, lembaga dan pemerintah dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional.

Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh Aris Marfa’i mengatakan, penganugerahan Bhumandala yang dilaksanakan sejak tahun 2014 ini menjadi salah satu model pembinaan simpul jaringan secara nasional, di mana simpul jaringan nasional ingin menjadi amanat Peraturan Presiden yang kdilaksanakan bersama di tingkat Kementerian, lembaga maupun Pemda.

Kegiatan Bhumandala Award ujarnya, tentu bisa dijadikan sebagai alat dalam melaksanakan monitoring dan pembinaan rutin 2 tahunan yang dilaksanakan pihaknya kepada seluruh simpul jaringan nasional dan daerah.

“Tujuannya untuk memberikan motivasi kepada kita bersama termasuk kami di badan informasi geospasial juga memberikan inspirasi dan memperkuat serta meningkatkan semangat kita bersama,” ucapnya lagi.

Disebutkan juga, mulai tahun ini, dilakukan penambahan kategori penghargaan yakni Bhumandala Nama Rupabumi untuk sasaran penilaian yakni kementerian, Pemda, organisasi dan perorangan.

Penghargaan Bhumandala Nama Rupabumi yang merupakan kategori baru sejak tahun ini diberikan kepada Kementerian PUPR, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Cianjur, serta untuk Organisasi dan Perorangan.

Selanjutnya diumumkan, Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Bhumandala Nawasena, Bhumandala Ariti Award, dan Bhumandala Rajata Award.

Terakhir, penghargaan paling bergengsi yaitu Bhumandala Kanaka yang penerimanya sekaligus mendapat piala kencana.

Ditetapkan sebagai penerima, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Provinsi Kalsel, DKI Jakarta dan Jawa Barat, Kota Bontang, Kota Palembang, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kuburaya.

Bagi Kalsel, apresiasi ini kali ketiga berturut-turut sejak 2020 yang saat itu meraih penghargaan Bhumandala dengan medali perunggu dan 2021 meraih penghargaan Inovasi terbaik “Sistem Informasi Pertanian Beririgasi (SITARI)” yang dikembangkan Bappeda Provinsi Kalsel. Pada 2021, Pemprov Kalsel mendapat Piala Kategori Emas.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Kwarcab Balangan Gelar Pelatihan Dasar Satgas Pramuka Peduli

Read Next

Perangkat Desa se-Belawang Diminta Tertib Aset dan Keuangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular