Vinkmag ad

Plh Bupati Batola Dorong BUMDes Kembangkan Ekonomi Digital

Plh Bupati Batola H Zulkifli Yadi Noor membuka pelatihan BUMDes se-Kecamatan Anjir Muara, Jumat (11/11/2022).

Kecamatan Anjir Muara gelar pelatihan Bumdes se-Kecamatan Anjir Muara. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Batola) Ir H.Zulkipli Yadi Noor yang kini juga menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Batola, Jum’at (11/11/2022).

Berlangsung di Hotel Rodhita Banjarmasin, pelatihan ini diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua Bumdes dan bendahara. Berhadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batola Mochammad Aziz dan Forkopimcam Anjir Muara. Berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11 November hingga 13 November, pelatihan ini menurut Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah menjadi penting dalam peningkatan peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kecamatan Anjir Muara.

“Pelatihan Bumdes di Kecamatan Anjir Muara ini menjadi yang pertama dilaksanakan sejak adanya Undang-undang Desa tahun 2015,” ungkap Jaya.

Jelasnya, sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Pembentukan Bumdes, maka menurut Jaya pelatihan ini penting dilaksanakan untuk mendorong perekonomian masyarakat.

“Tentunya dengan mengembangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Plh Bupati Ir.H Zulkipli Yadi Noor mengucapkan terimakasih kepada Camat dan seluruh jajaran atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurut pria yang akrab disaa Zulkipli ini meminta kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini untuk menjadikan pelatihan ini sebagai momen kerjasama yang sinergis antar seluruh pihak demi memajukan Desa dan Daerah.

“Saya harap kegiatan ini dapat membuka wawasan yang lebih komprehensif bagi para peserta pelatihan, ” ungkap Plh Bupati.

Tambahnya, Bumdes haruslah mampu mengelola aset, mengembangkan investasi dan produktif memanfaatkan aset yang ada guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa. Bumdes memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi Desa dalam bentuk investasi, pengelolaan usaha maupun penyediaan jasa pelayanan.

“Termasuk Bumdes sudah saatnya mengembangkan ekosistem ekonomi digital di Desa, ” jelas mantan Kepala Bapelitbang Batola ini.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Pemutakhiran Data Kependudukan Barito Kuala 2022

Read Next

7 Kafilah Kalsel Lolos Final MTQ ke-6 Korpri Nasional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular