Vinkmag ad

Dishut Kalsel Akan Ekspor Tanaman Aren Asal Pulau Laut Sebuku

Apel hari Rabu di Dishut Kalsel.

Setelah melakukan Senam Pagi di Halaman Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, seluruh staf Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dan Polisi Kehutanan berkumpul di Halaman Kantor Dishut Kalsel untuk melaksanakan kegiatan rutin Apel Pagi.

Apel dilaksanakan Dishut Provinsi Kalsel dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan seperti menggunakan masker dan handsanitizer pada Rabu, (21/9/2022).

Apel hari Rabu dipimpin oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Dishut Kalsel Muhammad Saberansyah, dihadiri Kepala Dishut Provinsi Kalsel Fathimatuzzahra bersama para Esselon 3 dan 4 serta seluruh Staf Dishut Provinsi Kalsel.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dishut Kalsel Muhammad Saberansyah, dalam amanatnya menyampaikan kegiatan di seksi pemberdayaan masyarakat terkait rencana ekspor tanaman aren di KPH Pulau Laut Sebuku untuk dibuat produksi sebagai hasil hutan bukan kayu (HHBK).

“Salah satu komoditas yang akan kita ekspor untuk kita kembangkan lagi salah satunya adalah tanaman aren yang ada di KPH Pulau Laut Sebuku (PLS). Setelah dilakukkannya identifikasi oleh KPH PLS terdapat 1.718 pohon produktif aren yang bisa dikembangkan dan dibuat produksi sebagai hasil hutan bukan kayu. Tentunya hal tersebut dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat dan Kelompok Tani Hutan (KTH),” Muhammad Saberansyah.

Muhammad Saberansyah menambahkan perlu diinformasikan juga terkait KPH PLS bahwa ada HKM Sarang Tiung dan di situ ada terganbung beberapa kelompok tani yang tergabung Gapoktan Mutiara Sarang Tiung. Mereka sekarang serius untuk mengusahakan HHBK tanaman aren ini.

Ke depannya, pihaknhya akan mencoba memfasilitasi lagi kawan-kawan di KPH agar bisa mengembangkann produk-produknya, termauk produk gula aren menjadi gula semut yang dicoba komparasi dengan kawan-kawan di KTH Metra Mandala yang ada di Provinsi Banten.

“Sehingga bisa menyamai dengan KTH Metra Mandala di Provinsi banten. Kemudian pada hari Jum’at tanggal 23 September 2022 mendatang Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan Lounching terbang perdana Paralayang di Tahura Sultan Adam, semoga bisa berjalan lancar dan maksimal,” pungkas Muhammad Saberansyah.

Pelaksanaan Apel hari Rabu ini berjalan lancar dan ditutup dengan pembacaan doa, pelaksanaan apel pagi selanjutnya akan terus menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19 seperti menggunakan Masker, dan Handsanitizer dan tidak ketinggalan Menjaga Jarak.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Batola Raih DAK Fisik Tercepat 3 Tahun Berturut-turut

Read Next

Pemprov Kalsel Hibahkan Rp 3,3 Miliar ke ULM Banjarmasin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular