Vinkmag ad

Pemkab Batola dan DPRD Sepakati KUA PPAS 2023

Wabup Batola H Rahmadian Noor (kiri) dan pimpinan DPRD Batola, Kamis (4/8/2022).

DPRD dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 serta Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD Tahun Anggaran 2022, Kamis (04/08/2022).

Bentuk kesepakatan berupa penandatanganan bersama Nota Kesepakatan antara Bupati melalui Wakil Bupati H Rahmadian Noor dengan Ketua DPRD Saleh disaksikan Wakil Ketua DPRD Agung Purnomo dan Hj Arpah di hadapan para anggota dewan, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, unsur forkopimda, para pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan undangan.

“Dengan ditandanganinya nota kesepakatan rancangan KUA-PPAS APBD 2023 dan KUPA-PPAS APBD 2022 maka DPRD dan pemerintah daerah telah menjalankan tanggung jawab melalui kewenangan masing-masing sebagai kontribusi dalam membangun Barito Kuala,” ucap Wabup Rahmadian Noor dalam sambutan Bupati Batola.

Di samping itu, lanjutnya, dengan ditandatanganinya KUA PPAS APBD TA 2023 dan KUPA-PPAS APBD 2022 di samping merupakan konstitusional juga sebagai aktualisasi prinsip kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

Dikatakan, KUA dan PPAS sendiri merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan APBD setiap tahunnya yang materi isinya merupakan hasil proyeksi dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

KUA dan PPAS disusun, lanjut bupati, dengan memperhitungkan berbagai faktor dominan intern maupun faktor yang berasal luar lingkungan pemerintahan yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana.

“Diharapkan dengan penandatanganan nota kesepakatan ini penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Barito Kuala dapat benar-benar diabdikan untuk masyarakat serta selalu mengedepankan efesiensi dan efektivitas dalam setiap pemanfaatan anggaran,” ujarnya.

Pemanfaatan sumber daya pembangunan yang ada, tutur bupati, harus dialokasikan pada program dan kegiatan yang benar-benar prioritas sesuai prinsip money follow program dan mendukung target kinerja Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

“Tentunya harus ada penajaman kembali terhadap capaian program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah di samping adanya pengalokasian bagi program dan kegiatan prioritas yang bersifat wajib dan mendesak,” ucapnya.

Dalam kesempatan Rapat Paripurna ini bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota dewan atas kerjasama harmonis yang tidak lain dalam upaya bersama mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan di Bumi Ije Jela sehingga akselerasi pembangunan dapat terwujud dengan baik.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Pemuda Panca Marga Balangan Akan Membuka LBH

Read Next

4 Perusahaan IPPKH Serahkan Hasil Rehab DAS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular