Vinkmag ad

Ingin Kebal Sajam, MS Mencuri Kelopak Mata dan Alis Jenazah

Satreskrim Polres HST konferensi pers pencurian organ jenazah, Rabu (13/7/2022).

Satreskrim Polres Hulu Sungai Tengah mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan pada anggota tubuh jenazah. Polisi menangkap pria inisial MS, terduga pencuri organ tubuh jenazah.

Kasatreskrim Polres HST AKP Antoni Silalahi, menuturkan MS ditangkap polisi setelah seorang saksi bernama Misrah melapor terjadi pencurian organ tubuh jenazah ke SPKT Polres HST pada 12 Juli 2022. Lokasi kejadian di rumah pelapor di Jalan Matang Hambawang RT 011 RW 006 Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai.

Dugaan pencurian organ jenazah bermula saat seorang wanita, Sandariah, meninggal dunia pada 11 Juli 2022. Keesokan harinya,seorang laki-laki inisial MS melayat ke rumah almarhum. MS diketahui warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Benawa Tengah.

“Misrah (anak almarhumah) melihat MS menutupi mata almarhumah, dan setelah itu MS memasukkan sesuatu ke saku celananya. Kemudian saksi atas nama Misrah melihat almarhumah Sandariah ada perubahan, yaitu mata almarhumah terbuka,” kata AKP Antoni Silalahi saat konferensi pers di Mapolres HST, Rabu (13/7/2022).

Melihat keanehan tersebut, saksi Misrah memanggil Bahrudin. Mereka berdua mendekati jenazah Sandariah, dan melihat ada bekas sayatan di kedua belah kelopak mata bagian alis almarhumah. MS buru-buru pergi dari rumah duka, setelah kedua saksi melihat kondisi mata almarhumah.

Menurut AKP Antoni, keluarga korban curiga bahwa yang menyayat bagian kelopak mata dan alis almarhumah Sandariah adalah MS. Pihak keluarga dibantu pembekal mendatangi rumah MS. Adapun MS mengakui perbuatannya.

“Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian kehilangan bagian tubuh berupa dua buah kelopak mata dan dua buah alis mata. Selanjutnya MS diamankan oleh Satuan Reskrim Polres HST untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” ujar AKP Antoni Silalahi.

Setelah penyelidikan, MS pernah melakukan hal serupa kepada jenazah almarhum Bari.Kejadian bermula pada 11 Juli 2022, MS takziah ke rumah almarhum Bari pukul 10.00 Wita di Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai.

Saat itu, MS duduk di depan jenazah Bari, dan diseberang MS juga ada Widjie sedang membacakan surah Yasin. Kemudian setelah selesai, MS duduk di depan teras rumah duka dan setelah itu pulang.

“Jam 13.00 saat hendak mengangkat jenazah Bari, saksi atas nama Eka Rahayu memberitahu saksi atas nama Fahrianoor bahwa ada sesuatu yang berbeda di wajah jenazah, yaitu seperti melepuh di bagian alis kiri dan kanan almarhum Bari,” lanjut AKP Antoni Silalahi.

Kemudian keesokan harinya pada Selasa 12 Juli 2022 pukul 10.00 Wita, Ardiansyah melayat ke rumah duka almarhumah Sandariah. Di sana terjadi sedikit permasalahan yaitu MS ketahuan oleh pihak keluarga mengambil organ bagian luar tubuh almarhumah Sandariah dengan cara menyayat bagian alis kiri dan kanan, serta bagian kelopak mata kiri dan kanan Sandariah.

Menurut humas Polres HST, Aipda M Husaini, motif sementara kelakuan MS karena ingin tubuh kebal dari senjata tajam. “Untuk motif, sementara pengakuan dari pelaku supaya tubuh kebal dari senjata tajam.”

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Kodim HSU – Balangan Gelar Bakti Sosial ke Masyarakat

Read Next

Dibangun Sejak 2007, Balai Adat Dwipasari Diresmikan Bupati Noormiliyani

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular