Vinkmag ad

Liputan Tambang Ilegal, 3 Wartawan Diancam Kekerasan

Dua alat berat milik penambang ilegal diamankan di Mapolsek PLU, Kamis (10/2/2022).

Tiga orang wartawan media lokal di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menerima intimidasi dan ancaman kekerasan saat meliput dugaan aktivitas pertambangan ilegal di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara pada Selasa, 8 Februari 2022.

Gusti Mahmudin Noor, satu di antara tiga orang wartawan tersebut, mengatakan ia dan dua orang wartawan mendatangi lokasi setelah menerima informasi dugaan tambang ilegal dari masyarakat. Di lokasi, Mahmudin mendapati kurang lebih tujuh orang di area tersebut.

“Saat mau pengambilan dokumentasi foto maupun video, langsung ditegur oleh salah satu petugas lapangan yang berkata jangan melakukan pengambilan foto maupun video, dan mendorong serta menanyakan nama,” kata Mahmudin Noor pada Kamis 10 Februari 2022.

Pelaku, kata Mahmudin, meminta para wartawan menghapus foto dan video yang sempat diambil di lokasi. Selain itu, alat kerja wartawa berupa ponsel hendak dirampas.

“Akhirnya dengan spontan mereka mengancam akan melakukan penyembelihan dan menyuruh rekan kerjanya untuk mengambilkan senjata tajam jenis parang mandau atau sangkur. Ketika itu juga ada tiga orang melakukan kata pengancaman, bahkan ada yang berkata congkel mata, menantang dengan berkelahi membuka baju,” lanjut Mahmudin.

Setelah terjadi ketegangan, lalu suasana mereda. Orang lapangan meminta nomor telepon para wartawan. “Kami bertiga pamit meninggalkan lokasi tambang,” ujarnya.

Mahmudin hendak melaporkan dugaan pengancaman itu ke Mapolres Kotabaru. Menurut dia, polisi sudah mengamankan dua unit alat berat milik penambang ilegal ke Mapolsek Pulau Laut Utara.

Tiga orang wartawan itu masing-masing asal media SCTV, newsfaktahukumdanham.co.id, dan Radar Banjarmasin.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Ustadz Gapur Hadiri Haul Guru Sekumpul di Halong

Read Next

AJI Kecam Ancaman Pembunuhan 3 Jurnalis di Kotabaru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular