12 Perajin Ikut Lomba Motif Kain Sasirangan Balangan

Ketua TP PKK Balangan, Hj. Sri Huriyati saat perlombaan kain sasirangan, Rabu (12/1/2022).

Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar lomba pembuatan motif kain Sasirangan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Balangan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan Hj Sri Huriyati Hadi ditunjuk menjadi tim juri pemilihan motif dan warna kain Sasirangan HUT Kabupaten Balangan di Aula TP PKK Kabupaten Balangan, Rabu (12/1/2022).

Ada sebanyak 12 perajin yang mengikuti lomba motif kain Sasirangan HUT Kabupaten Balangan kali ini.

Masing-masing perajin maksimal bisa mengirimkan 2 jenis motif desain Sasirangan. Dalam lomba kali ini ada perajin yang mengirim 2 motif, ada juga yang cuma 1 motif saja.

Untuk total desain motif keseluruhan kain Sasirangan yang dilombakan ada 17 jenis. Dari 17 jenis tersebut dipilih 5 jenis untuk disaring lagi jadi 3 pemenang, dan hasil pemenangnya nanti akan ditentukan oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi.

“Semua desain, motif dan warna para perajin di Kabupaten Balangan ini bagus-bagus. Mereka berkarya sesuai kemampuan mereka masing-masing. Menunjukkan kreativitas mereka masing-masing,” kata Hj Sri Huriyati.

Hj Sri menyampaikan siapa pun nanti yang jadi pemenang dan motif mana pun yang akan dipilih untuk jadi pemenang adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Balangan untuk para perajin yang ada di Bumi Sanggam.

Ketua TP PKK Balangan kemudian meminta kepada perajin yang menang untuk tidak terlalu berbangga diri berlebihan. Sementara untuk perajin yang kalah, Hj Sri berpesan untuk jangan berkecil hati dan bisa meneruskan karyanya untuk menghasilkan kain Sasirangan yang lebih bagus lagi dan lebih maksimal.

“Semoga para perajin di Kabupaten Balangan bisa lebih banyak memproduksi kain Sasirangan sendiri, sehingga masyarakat Balangan nantinya tidak lagi mencari kain Sasirangan dari kabupaten luar, tapi kita bangga dengan hasil karya perajin Sasirangan yang ada di kabupaten kita sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA  2 Orang Pemakai Sabu Digulung Polisi, 1 Masuk DPO

Turut hadir dalam penilaian lomba kain Sasirangan tersebut anggota TP PKK Kabupaten Balangan, Bagian Tapem Setda Kabupaten Balangan, serta Tim Juri dari Dekranasda Kabupaten Balangan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Didi Juaidinnoor

Read Previous

Latihan Karate Setiap Rabu ala Dishut Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *