Vinkmag ad

Cara Pelabuhan Kumai Antisipasi Varian Baru Covid

Kapal sandar di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Penyebaran omicron sebagai varian baru covid-19 sudah terdeteksi masuk ke Indonesia. Operator Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah pun mengantisipasi potensi penyebaran omicron saat momen Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Menurut General Manager PT Pelindo (Persero) Pelabuhan Kumai, Rio Dwi Santoso, pihaknya sudah punya serangkaian cara antisipasi penyebaran varian baru covid-19 di tengah momentum Nataru. Cara yang dimaksud Rio di antaranya memasang papan pengumuman dan spanduk untuk penerapan protokol kesehatan di pelabuhan.

Selain itu, penumpang yang beli tiket di operator kapal sudah dipastikan menerima vaksin lengkap; cek poin dari KKP di terminal penumpang kapal; penggunaan aplikasi peduli lindungi; dan semua petugas terminal penumpang sudah divaksin lengkap.

“Kemudian menyediakan sarana cuci tangan, hand sanitaizer, dan masker untuk penumpang. Memberi batas tempat duduk agar jarak antar penumpang terjaga; menyiapkan ruang isolasi mandiri sementara; dan koordinasi dengan pihak-pihak teerkait untuk penjagaan Nataru,” ujar Rio Dwi Santoso kepada banjarhits.com, Rabu (29/12/2021).

Rio Dwi melanjutkan, langkah taktis itu sebagai antisipasi penyebaran covid-19 sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 110. Pihaknya pun antisipasi potensi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Kumai.

Dari data sementara, kata Rio, ada lonjakan jumlah penumpang sebesar 23 persen secara year on year lewat Pelabuhan Kumai. Menurut dia, lonjakan penumpang itu terpantau sebelum Natal 2021.

“Sampai saat ini kegiatan layanan penumpang maupun kendaraan roro cukup lancar, dan ketersediaan logistik saat Nataru dipastikan aman dan stabil untuk area Kobar dan sekitarnya,” lanjut Rio Dwi Santoso.

Pelabuhan Kumai berada di bawah area kerja PT Pelindo (Persero) Regional Kalimantan yang berkantor di Kota Banjarmasin. PT Pelindo (Persero) sebagai BUMN operator pelabuhan terbesar se-Indonesia.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

19 Kades Baru di Balangan Diminta Tekan Kemiskinan

Read Next

Truk Angkutan Tidak Lagi Lewat HSU Setelah Februari 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular