Pemkab Balangan Bersiap Sambut Pilkades 2021

Bupati Balangan H. Abdul Hadi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan bersama unsur TNI/Polri setempat menggelar kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di 19 desa dengan 57 TPS pada 17 November mendatang, di Mapolres Balangan, Selasa (9/11/2021).

Pilkades ini dilaksanakan pada 19 desa, karena sebagian besar yaitu lebih dari 100 Desa sudah dilaksanakan pada tahun 2019, namun demikian 19 desa ini tersebar di enam kecamatan, melibatkan 10.212 pemilih, 53 calon kades serta pencoblosan nya dilangsungkan di 37 TPS.

Dua hari ke depan tepatnya tanggal 10 dan 11 November 2021 adalah masa kampanye kemudian tanggal 13 adalah masa tenang selama 4 hari dan dilanjutkan dengan tahapan pengambilan suara pada tanggal 17 November.

Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan saat ini kita paham kondisi masyarakat tengah menghadapi berbagai situasi, untuk menyalurkan aspirasinya perlu kedewasaan berpikir. Belajar dari pengalaman bahwa kebebasan memilih memiliki potensi menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Untuk itu Bupati Balangan menghimbau agar semua pihak harus cermat dan waspada karena perbedaan pendapat, kepentingan pilihan, serta bermacam-macam cara orang mengapresiasinya.

“Dalam hal ini, berpikir yang sempit dan kurang bijaksana bisa memicu terjadi konflik yang dapat menimbulkan gangguan dan ketertiban umum dan oleh karena itu dalam menghadapi pelaksanaan pilkades kita dituntut untuk lebih intensif menjaga situasi tetap aman tertib dan kondusif,”jelasnya.

Bupat berterima kasih kepada Polres Balangan beserta seluruh jajarannya, Dishub, Satlinmas, pemerintahan kecamatan dan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2021 di Kabupaten Balangan.

Dirinya juga yakin dalam menjalankan tugas ini semuanya sudah siap serta memiliki komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mengemban tugas ini. Jangan menganggap remeh masalah sekecil apapun informasi atau isu yang berkembang sangat bermanfaat untuk kita kaji pelajari dan klarifikasi sehingga dapat mencegah mencegah sedini mungkin dan tidak lupa meskipun tugas utama dalam pengamanan wajib menjadi contoh yang baik terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 dengan meminimalisir resiko penyebaran virus Covid19 di Pilkades tahun 2021 ini.

BACA JUGA  Guru Ngaji Terdampak Banjir: Alquran Terendam Sampai Setop Pengajian

“Semoga berjalan dengan Aman damai tertib dan sehat kami ucapkan selamat bertugas semoga Allah senantiasa memberikan perlindungan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,”tuturnya.

Sementara itu Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin mengatakan pihaknya menerjunkan lebih dari seratus personel dalam pengamanan Pelaksanaan Pilkades 2021. Personel juga tidak hanya melaksanakan pengamanan di lokasi pemungutan suara saja, tetapi juga melakukan patroli secara mobile.

“Kita menurunkan 215 Personel dan kita bagi ke 19 wilayah yang melaksanakan Pilkades, selain itu kita juga melakukan patroli secara mobile dengan skala cukup besar,” ujar Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Didi Juaidinnoor

Read Previous

Covid Melandai, Laju Petikemas Melonjak di Banjarmasin

Read Next

218 Orang Ikut Aruh Sastra di Balangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *