Covid Melandai, Laju Petikemas Melonjak di Banjarmasin

Pasokan oksigen tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (1/9/2021). Foto dokumentasi

Pengiriman barang lewat petikemas menunjukkan lonjakan di Terminal Petikemas Banjarmasin (TPKB). Peningkatan laju petikemas ini seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan di tengah pandemi Covid-19.

Menurut CEO PT Pelindo (Persero) Regional Kalimantan, Fariz Hariyoso, ada beberapa pemicu lonjakan laju petikemas yang melalui TPKB, seperti membaiknya pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan, melandainya kasus Covid-19, perbaikan fasilitas dan penambahan kapasitas container yard TPKB.

“Ada kenaikan pengiriman petikemas karena adanya pertumbuhan ekonomi, plus tren covid yang menurun. Kemudian perbaikan fasilitas pasca banjir, serta penambahan kapasitas penumpukan container yard TPKB,” kata Fariz Hariyoso kepada banjarhits.com, Jumat 12 November 2021.

Fariz merinci, arus petikemas lewat TPKB periode Januari – Oktober 2021 sebesar 342.984 boks. Angka itu melonjak 6 persen dibandingkan periode Januari – Oktober 2020 sejumlah 324.143 boks petikemas.

Ia bilang bahwa komoditas yang melewati TPKB seperti general cargo, pupuk, pakan ternak, dan semen. Aneka komoditas ini berasal dari Surabaya, Jakarta, dan Makassar. Adapun komoditas yang berasal dari Banjarmasin terdiri atas semen, karet, general cargo, dan playwood.

Menurut Fariz, komoditas barang asal Banjarmasin dikirim ke Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Makassar. “Karet agak turun karena harga sedang turun. Untuk yang lainya, seperti semen relatif naik. Semen ini dari Semen Conch dikirim ke Surabaya dan Jakarta,” lanjut Fariz Hariyoso.

PT Pelindo (Persero) Regional Kalimantan membawahi Terminal Petikemas Banjarmasin (TPKB), Pelabuhan Trisakti, Pelabuhan Bagendang Sampit , Pelabuhan Pulang Pisau, Pelabuhan Bumiharjo Kotawaringin Barat, Pelabuhan Batulicin, dan Pelabuhan Kotabaru. PT Pelindo (Persero) sebagai BUMN operator pelabuhan terbesar di Indonesia.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Pria Asal Jejangkit Raih Atak Batola 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *