Pelestarian Musik Panting di Balangan

Wabup Balangan, H Supiani.

Wakil Bupati Balangan, H. Supiani secara resmi membuka acara Lokakarya Musik Panting, bertempat di Gedung Budaya Garuda Maharam Balangan, Senin (08/11/2021).

Diacara yang bertajuk Sendratasik Barakatan ini, Supiani mengatakan Musik Panting adalah seni budaya adat Banjar yang perlu dilestarikan oleh pemerintah khususnya para mahasiswa dan kaum milenial.

“Saya berpesan kepada para mahasiswa dan kaum milenial, saatnya untuk melestarikan musik Panting, karena ini merupakan tantangan khususnya bagi mahasiswa di fakultas terkait. Karena Panting adalah seni budaya Banjar yang harus dilestarikan” ucapnya.

Dirinya melanjutkan, karena zaman dahulu musik Panting ini sangat penting akan tetapi sekarang telah tergeser dari budaya-budaya yang lain. Maka dari itu ujarnya, harus dilestarikan dengan baik.

Sementara, pengisi materi Rama Haur Kuning, dirinya sebagai salah satu pelestari Musik Panting berharap Musik Panting tetap bertahan dan generasi mudalah yang harus berperan aktif untuk melestarikan seni tersebut pada zaman sekarang.

“Sebagaimana yang dikatakan Wakil Bupati Balangan, bahwa seni budaya daerah kita adalah akar dari seni budaya itu sendiri,” tegasnya.

Dirinya juga menjelaskan mengenai proses – proses pembuatan panting, diantaranya dari organilogi, anatomi, serta keseluruhan elemen yang ada pada Musik dan Alat Panting.

“Mereka bisa membuat untuk karyanya sendiri, walaupun mungkin bisa membeli atau memesan, tapi kalau dengan karyanya sendiri itu akan lebih menambah semangat dan nilai-nilai baginya untuk melestarikan kesenian Musik Panting,” jelasnya.

Tidak menutup kemungkinan, kepada para peserta baik mahasiswa atau sanggar-sanggar lain, bisa menjadi salah satu bakat dan dikembangkan menjadi pengrajin alat Musik Panting di Kabupaten Balangan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Didi Juaidinnoor

Read Previous

Menteri Keuangan Beri Penghargaan ke Pemprov Kalsel

Read Next

Bupati Batola Gandeng MUI untuk Vaksinasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *