Relawan Bersihkan Masjid Al Akbar Balangan

Relawan membersihkan Masjid Al Akbar Balangan, Kamis.

Berbagai macam cara yang di lakukan dalam memaknai hari peringatan sumpah pemuda, beberapa relawan gabungan dari Komunitas Generasi Pemuda Rock Climbing (GPRC) di Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar aksi bersih-bersih bangunan kubah dan menara di Masjid Agung Al Akbar Balangan, Kamis (28/10/2021)

Ketua Komunitas GPRC Muhammad Zaini mengatakan, kegiatan membersihkan bangunan kubah dan menara pada Mesjid Agung Al Akbar Balangan adalah permintaan dari pengelola mesjid dan bentuk keperdulian pada tempat ibadah, kegiatan ini melibatkan sebanyak 15 orang dari berbagai komunitas, momennya ini juga bertepatan peringatan hari sumpah pemuda.

“Kami terdiri dari komunitas Hantas Tarus Adventure, Sylva Kompas Tabalong, Kompas Meratus, dan Kukura Borneo, dan total yang terlibat semalam itu 15 orang,” ujarnya.

Kemudian tambahnya, pada waktu kegiatan cuaca sangat tidak mendukung, harinya sedang hujan dan berangin kencang diatas, pihaknya tidak bisa melanjutkan kegiatan akibat resiko yang tinggi, sehingga kegiatan akan dilanjutkan pada rabu atau kamis depan.

Pihaknya juga menyebut faktor ketinggian Mesjid Agung Al Akbar Balangan yang mencapai 40 meter menjadi kesenangan dan tantangan tersendiri.

“Kita sangat senang sekaligus terhibur juga bisa kerjasama dengan kawan-kawan di komunitas lain, dan sensasi kerjasama di ketinggian ini luar biasa,” cetusnya.

Husin tokoh masyarakat sekaligus Sekretaris Badan Pengelola Mesjid Agung Al Akbar Balangan mengatakan, kegiatan yang digelar adalah bersih-bersih bagian kubah serta menara di Mesjid Al Akbar Balangan dan waktunya bertepatan dengan hari peringatan sumpah pemuda.

“Sebenarnya hanya permintaan dari kami pengelola untuk minta bantu bersihkan lumut-lumut di kubah dan menara yang juga ditumbuhi rumput, serta kebetulan momennya pas 28 oktober, di hari peringatan sumpah pemuda,” ujarnya.

BACA JUGA  Terkuak, 4 Terduga Pelaku Pembunuhan Suryadi

Dalam sehari, mereka relawan gabungan dari komunitas panjat tebing di Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara (HSU) membantu pengelola membersihkan bagian kubah dan menara di Mesjid Agung Al Akbar Balangan.

“Mereka dengan suka rela membantu bersihkan kubah dan menara, itu hanya sehari dan belum selesai, nanti ditambah lagi harinya karena belum selesai mungkin satu hari lagi mereka bekerja untuk menyelesaikan kubah besar,” jelasnya.

Dirinya merasa berterimakasih kepada para relawan komunitas panjat tebing gabungan yang telah membantu untuk membersikan kubah dan menara Mesjid Agung Al Akbar Balangan.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain bahwa kegiatan mereka tak hanya di gunung-gunung, hutan, alam terbuka, tetapi tempat ibadah juga jadi target mereka,” tutupnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Didi Juaidinnoor

Read Previous

Polisi Tertibkan Pelangsir BBM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *