Periset Universitas Brawijaya Takjub Pesona Batarius

Periset Universitas Brawijaya di air terjun Batarius, Kabupaten Balangan.

Melalui ekowisata desa segala potensi wisata di daerah dapat dikembangkan sehingga meningkatkan perekonomian lokal, hal disampaikan Aris Subagyo Koordinator Tim Peneliti Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang.

“kegiatan eksplore potensi wisata alam air terjun Batarius, Desa Mamigang membuka tabir kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Balangan khususnya Kecamatan Halong. Kami melihat di zona sekitar banyak terdapat potensi kecantikan alam seperti Riam Buntar,” tambahnya.

Kabid Litbang dan Inovasi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan Reki Herdianto berharap potensi wisata desa ini dapat dikembangkan sampai pada usaha turunan, diantaranya seni budaya dayak, aneka buah langka dan produk anyaman sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawannya dengan dikelola secara optimal oleh masyarakat melalui Pokdarwis dan BUMDes.

“Selain itu tegasnya, pada intinya pihaknya terus mendorong tumbuh berkembangnya potensi wisata desa yang bisa menjadi peluang bidang BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Di kesempatan yang sama Rakhmadi Yusni Kepala Bappedalitbang Balangan mengatakan perlu diketahui, sebagai wilayah yang mempunyai beragam geografis serta beragam budaya sosial, Balangan tentu mempunyai banyak sekali kekayaan sumber daya alam maupun manusianya yang berpotensi untuk lebih dikembangkan.

Menurut Rahmadi, sebagai daerah relatif masih muda dan perkembangannya juga belum maksimal, tentu pengembangan daerah masih terbuka lebar. Atas kondisi itulah Bappedalitbang mempunyai tugas berat untuk menyusun arah pengembangan daerah ke depan,” imbuhnya.

“Pihaknya berharap, ke depan hasil penelitian pengembangan dan inovasi tersebut bisa digunakan untuk mencapai kesejahteraan warga masyarakat Balangan. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Hj Raudatul Jannah Lanjutkan Program Prioritas PKK Kalsel

Read Next

PAI Akan Jadikan Anggrek Balangan Bernilai Ekonomis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *