Prospek Positif Pelabuhan Mekarputih Kotabaru

Layanan curah kering di Pelabuhan Mekarputih, Kabupaten Kotabaru.

PT Pelindo III (Persero) Pelabuhan Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan akan menambah tangki timbun untuk aktivitas curah cair di Pelabuhan Mekarputih. Rencana ini seiring potensi positif pengelolaan Pelabuhan Mekarputih yang terletak di Kecamatan Pulau Laut Barat.

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru selaku pengelola Pelabuhan Mekarputih, Zainal Abidin, mengatakan pihaknya akan menambah tangki timbun curah cair di Pelabuhan Mekarputih. Saat ini, pelabuhan punya empat tangki timbun dengan kapasitas 20 ribu ton per storage.

“Prospeknya sangat baik. Karena dalam hal ini, IBT Mekarputih ingin menambah tangki timbun yang ada,” kata Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Rabu (28/9/2021).

Pelabuhan Mekarputih melayani curah cair bio diesel dan curah kering komoditas batu bara yang memilik dua dermaga saling terhubung. Dermaga bongkar kedalaman 6 LWS, dan dermaga muat yang menjorok ke laut di kedalaman 14 LWS.

Menurut Zainal, Indonesia Bulk Terminal (IBT) selaku anak usaha dari PT Adaro mengelola aktivitas curah kering di Pelabuhan Mekarputih. Adapun Elnusa mengelola curah cair. “Pelabuhan IBT dioperasikan tahun 2017. Pelabuhan umum milik Pelindo yang dikerjasamakan selama 30 tahun dengan IBT,” kata Zainal Abidin.

Pelabuhan Mekarputih terbesar kedua di Kotabaru, setelah pelabuhan khusus milik Arutmin di Tanjung Pemancingan. Sayangnya, pandemi Covid-19 berdampak terhadap penurunan kinerja.

Untuk curah kering ditargetkan melayani 2.800.000 ton pada 2021. Sementara realisasi periode Januari – Agustus 2021 baru mencapai 1.888.325 ton atau 67 persen dari target. Ia berkata, capaian ini akibat pandemi sehingga harga batu bara sempat turun dan kurangnya permintaan.

“Faktor cuaca, arus, hujan, dan pasang surut sehingga berdampak pada pengiriman batu bara ke terminal IBT Mekarputih. Pengalihan batu bara ke terminal terdekat PT Adaro,” lanjut Zainal Abidin.

BACA JUGA  1 Wanita dan 3 Pria Terduga Penjual Sabu Digulung

Untuk curah cair ditargetkan melayani 1.000.000 ton pada 2021. Realisasi periode Januari – Agustus 2021 sebesar 66 persen dari target. “Kendala pengalihan BBM lebih banyak di Pertamina, dampak pandemi, dan kurangnya permintaan.”

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru berada di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III (Persero) sebagai BUMN yang mengelola 48 pelabuhan pada tujuh provinsi.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Cargo Iso Tank Polda Kalteng Tiba di Pelabuhan Bagendang

Read Next

Muncul Ide Nama Jembatan Alalak Jadi Aberani Sulaiman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *