Bocah Kelas 1 SDN Penghulu Baca Doa saat Hari Pramuka di Batola

Bupati Batola Hj. Noormiliyani saat memimpin Hari Pramuka ke-60, Selasa (28/9/2021).

Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) baru dilaksanakan Selasa (28/09/2021). Biasanya peringatan digelar di bumi perkemahan namun kali ini hanya dilangsungkan di ruangan yakni di Gedung Serba Guna Marabahan.

Meski sederhana, namun peringatan berisi berbagai rangkaian di antaranya pemberian lencana Panca Warsa kepada sejumlah pengurus pramuka Batola yang diserahkan oleh Bupati Hj Noormiliyani AS selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) didampingi Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor selaku Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Batola.

Selain itu juga diserahkan sejumlah penghargaan pemenang lomba giat prestasi penegak (LGPP) secara virtual kepada masing-masing pemenang seperti lomba cover lagu daerah, kampanye protokol kesehatan, minimiatur pionering, foto contens, pangkalan terfavorit kategori foto, dan pengkalan terfavorit kategori video.

Prosesi pelaksanaan Peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat Kabupaten Batola tahun 2021 diawali laporan kepada pembina upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin pembina upacara, pengucapan Pembukaan UUD 1945, hingga pembacaan doa.

Yang menarik untuk pelaksaan doa kali ini pembaca doanya seorang bocah yang masih duduk di kelas 1 SDN Penghulu bernama Muhammad Daffi Ghaisan Shabira. Atas keberaniannya itu, ia pun diberikan piagam penghargaan dari Ketua Kwarcab Pramuka Batola H Rahmadian Noor yang diserahkan Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS.

Pada pelaksanaan upacara, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS sebagaimana sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn), Budi Waseso, mengajak para anggota pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku di situasi adaptasi kebiasaan baru ini. Ia mengharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi covid-19.

Dikatakan, Kwarnas telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi covid-19. Berbagai hal telah dilakukan mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota gerakan pramuka an lain sebagainya.

BACA JUGA  Pj Gubernur Kalsel: Penting Pemetaan Zona Covid

“Saya juga mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegitaan kepramukaan namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar prokes namun tetap dapt diikuti dengan riang gembira,” ajaknya.

Budi Waseso mengutarakan, kegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat serta meningkatkan imunitas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

“Mari kita peringati 60 tahun gerakan pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi prokes dan tetap berusaha membantu yang memerlukan,” ajak Ketua Kwarnas Budi Waseso seraya menyatakan, tunjukan pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti sesuai tema peringatan kali ini.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Xaverius

Read Previous

Warga Binaan dan Petugas Lapas Kotabaru Deklarasi Zero Halinar

Read Next

Pelindo III Batulicin Bantu 3 Speedboat ke Dishub Tanbu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *