Pelindo III Bagendang Telah Salurkan Dana Bina Lingkungan Rp 1 Miliar

Pelindo III Pelabuhan Bagendang salurkan dana TJSL, Kamis (23/9/2021).

PT Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan Pelabuhan Bagendang, Sampit, menyalurkan bantuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TSJL) tahun 2021 pada Kamis, 23 September 2021.

Bantuan ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan serta amanah dari pelaksanaan Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-05/MBU/04/2021.

Menurut General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Bagendang, Akhmad Fajar, program TJSL BUMN bertujuan untuk memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan.

Selain itu, kata Fajar, program ini berkontribusi menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya serta akuntabel.“Kemudian membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri serta masyarakat sekitar perusahaan,” kata Akhmad Fajar kepada banjarhits.com, Kamis (23/9/2021).

Ia melanjutkan bahwa bantuan TJSL tahun 2021 PT Pelindo III (Persero) Regional Kalimantan Pelabuhan Bagendang telah merealisasikan penyaluran program Bina Lingkungan dengan total sebesar Rp 1.075.000.000 di Kabupaten Kotawaringin Timur. Bantuan ini dibagi dalam beberapa tahapan penyaluran.

Untuk Tahap pertama penyaluran bantuan sebesar Rp 435.000.000. Dari nilai itu, bantuan senilai Rp 375 juta untuk sembako gratis masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dalam menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriah yang disalurkan ke masyarakat di area lini I Pelabuhan Sampit dan Bagendang.

Kemudian, kata Akhmad Fajar, bantuan senilai Rp 60 juta untuk paket sembako korban bencana banjir untuk masyarakat terdampak di Desa Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah; dan Desa Palangan, Kecamatan Kota Besi.

“Tahap selanjutnya penyaluran bantuan sebesar Rp 640.000.000,dengan total ada 24 objek penerima bantuan dana hibah bina lingkungan yang telah lolos dan memenuhi kriteria, yang tersebar di area lini I Pelabuhan sampit dan Bagendang,” ucap Akhmad Fajar.

BACA JUGA  NasDem Balangan Siap Komunikasi Bersama Polisi

Pihaknya telah melakukan survei untuk memastikan bahwa objek tersebut layak untuk dibantu sesuai dengan proposal yang diajukan. Hal ini juga selaras dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) di PT Pelindo III.

Acara penyerahan TJSL PT Pelindo III Pelabuhan Bagendang turut dihadiri oleh GM PT Pelindo III Pelabuhan Bagendang Akhmad Fajar, Asisten 2 Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kotawaringin Timur, Wakil Ketua DPRD Kotim, Sekda Kotim, Kepala KSOP Kelas III Sampit, unsur pimpinan kepala dinas, dan perwakilan kelompok penerima manfaat.

Adapun rincian sektor dana hibah bina lingkungan tersebut yang diserahkan secara simbolis pada Kamis (23/9) adalah sebagai berikut :

  1. Katagori TJSL SARANA PENDIDIKAN sebesar Rp 55.000.000.
  2. Katagori TJSL PENGENTASAN KEMISKINAN sebesar Rp 75.000.000.
  3. Katagori TJSL PENINGKATAN KESEHATAN sebesar Rp 150.000.000.
  4. Katagori TJSL SARANA IBADAH sebesar Rp 95.000.000.
  5. Katagori SEMBAKO DAN OBAT OBATAN BENCANA ALAM sebesar Rp 100.000.000.
  6. Katagori SARANA DAN PRASARANA UMUM sebesar Rp 165.000.000.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Ponpes Al Munasohah Diharapkan Mencetak Generasi Tangguh

Read Next

Sahbirin Noor Melepas Bantuan Banjir untuk Kalteng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *