Wabup Balangan Resmikan Balai Sidang PA Amuntai

Peresmian Balai Sidang Pengadilan Agama Amuntai di Paringin, Kamis.

Wakil Bupati Balangan H. Supiani dampingi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin meresmikan Balai Sidang Pengadilan Agama bertempat di eks Kantor Dinas Pariwisata Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Balangan, Kamis (9/9/2021).

Balai Sidang Pengadilan Agama ini diresmikan dengan tujuan mendekatkan Pelayanan Urusan Agama Bagi Masyarakat Balangan Selama ini, warga Kabupaten Balangan yang berurusan ke pengadilan agama seperti perceraian, warisan dan sebagainya, harus ke kabupaten Amuntai (HSU), karena Balangan belum memiliki PA sendiri.

Berdasarkan informasi data yang didapat dari Pengadilan Agama Amuntai, jumlah pencari keadilan perkara keagamaan yang masuk 40 persennya merupakan dari warga Balangan.

“Untuk Sidang keliling kecamatan-kecamatan pun cuma bisa kita gelar empat kali dalam setahun di Kabupaten Balangan, dikarenakan ada beberapa kendala, sementara kita fokuskan di kantor kabupaten dulu,” ujar Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah, S. Ag.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Drs. H. Helmy Thohir, M.H mengungkapkan, sampai sekarang proses pengadaan Pengadilan Agama di Kabupaten Balangan sedang dalam proses dan menjadi prioritas utama di MA.

“Alhamdulillah setelah pengusulan yang begitu lama, sekarang pengadaan PA Balangan menjadi prioritas utama. Usulannya sendiri sudah sampai di MA, tinggal nunggu Kepres keluar,” ujarnya.

Dalam rangka mempermudah serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan urusan agama, Pemkab Balangan meminjamkan satu gedung eks kantor Dinas Pariwisata di wilayah Perkantoran Tugu Maritam, karena Dinas Pariwisata sendiri telah bergabung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Sementara kita pinjamkan dulu, apakah gedung ini nanti yang akan dihibahkan akan kita bicarakan lebih lanjut bersama Bupati, dan tentunya apakah gedung ini memenuhi standar untuk PA atau tidak kita tunggu hasilnya,” ujar Wakil Bupati Balangan, Supiani, di sela peresmian Balai Sidang PA Amuntai di eks Kantor Dinas Pariwisata, Kamis (9/9).

BACA JUGA  Ini Para Juara Atak-Diang Batola 2020

Terkait peminjaman gedung ini, Ketua Pengadilan Agama Amuntai, Rusdiansyah, S. Ag sangat menyambut baik dukungan Pemkab Balangan. Ia pun berharap dengan keseriusan Pemkab Balangan dalam pengadaan PA Amuntai melalui peminjaman gedung ini, proses pengadaan PA Balangan bisa semakin cepat.

“Dengan adanya tempat untuk Balai Sidang di sini, minimal kita akan membuka proses sidang seminggu sekali, rencananya setiap hari Kamis,” ucapnya. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Sahbirin Noor Gelorakan Semangat Pangeran Antasari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *