Muharram Festival Batola Lahirkan Para Juara

Para juara Muharram Festival di Batola.

Para peserta Muharram Festival 1443 Hijriyah yang dihelat di Gedung Serba Guna Marabahan seakan tak sabar menunggu hasil pengumuman. Sebagian nampak gelisah dan sebagian lagi terkesan cuek.

Mafhum pada Rabu (08/09/2021) sore, panitia tengah mengumumkan hasil lomba yang digelar sejak, Senin (06/08/2021) ini. Tak lama berselang yang dinantikan pun tiba. Panitia menyebutkan nama para pemenang.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, di acara Festival Muharram ini panitia memperlombakan 3 jenis kesenian bernuansa islami masing-masing lomba Sinoman Hadrah, Maulid Habsyi dan Fashion Show. Sedangkan pesertanya berasal dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Untuk lomba Sinoman Hadrah juara pertama diraih Kelompok An-Nur. Grup yang berasal dari Anjir Muara ini mampu menyisihkan sejumlah grup lainnya. Sedangkan juara dua diraih grup Ar-Rahman dari Belawang, dan juara tiga grup Al-Fata dari Tabunganen.

Lomba Festival Habsyi untuk putri juara pertama diraih kelompok Baratas Syarifah dari Alalak, juara dua Raudatul Syarifah dari Tabunganen, dan juara tiga Asyafa’ah dari Mekarsari.

Sedangkan Maulid Habsyi Putera juara pertama diraih Karamulluawajhah dari Marabahan, juara dua kelompok Al-Ihwan dari Alalak, dan juara tiga kelompok Al Mubarak dari Barambai. Sementara lomba fashion show dari dua kategori untuk A diraih Dea Oktavia dan kategori B diraih Naima Desira Syahrani.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, saat menutup kegiatan berharap, festival semacam ini dapat memberikan sarana bagi generasi muda Islam dalam mengembangkan kesenian bernuansa Islami.

“Melalui kegiatan ini saya harapkan dapat membangun benteng yang kuat dan kokoh bagi generasi muda agar terhindar dari pengaruh pergaulan negatif,” ucapnya sembari menyatakan akan kembali melaksanakan kegiatan yang sama dalam tahun berikut dengan catatan pandemi menuru.

BACA JUGA  Ratusan Penumpang Kapal Perintis di Pelabuhan Kotabaru

Di kesempatan itu pula Noormiliyani minta seluruh lapisan masyarakat agar tak henti-hentinya menerapkan protokol kesehatan (prokes) mulai memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, mengurangi aktivitas, serta mendukung pelaksanaan vaksinasi.

Penutupan Festival Muharam yang juga dihadiri seluruh anggota forkopimda, Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor, dan pimpinan SKPD terkait ini juga dimanfaatkan bupati untuk mengimbau masyarakat kepada masyarakat untuk senantiasa mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai serta norma keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Wanita yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini juga berharap kegiatan semacam ini dapat kembali berlangsung di tahun mendatang dengan catatan pandemi covid-19 menurun. Untuk itu ia minta masyarakat agar jangan henti-hentinya menerapkan protokol kesehatan serta mendukung pelaksanaan vaksinasi.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Xaverius

Read Previous

Atlet Kalsel Bidik 14 Emas di PON Papua

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *