Ratusan Penumpang Kapal Perintis di Pelabuhan Kotabaru

KM Sabuk Nusantara 93 bertolak dari Pelabuhan Kotabaru.

Ratusan orang penumpang kapal perintis KM Sabuk Nusantara 93 kembali memanfaatkan layanan rute kapal perintis sejak Kamis, 2 September 2021. Aktivitas pelayaran perintis kembali dibuka, sejak ditutup oleh pemerintah pada 14 Juli 2021 karena PPKM.

Menurut General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru, Zainal Abidin, penumpang kapal perintis bisa memanfaatkan dermaga Stagen yang dikelola PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru. Ia berkata ada 145 orang penumpang yang memanfaat KM Sabuk Nusantara 93 pada Sabtu, 4 September 2021.

“Penumpang turun 58 orang, penumpang naik 3 orang, dan penumpang lanjutan 84 orang. Kapal tiba di Kotabaru tanggal 4 September,” kata Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Rabu (8/9/2021).

KM Sabuk Nusantara 93 keliling dengan rute Majene – Kotabaru – Batulicin – Maradapan – Matasiri – Marabatuan Pergi Pulang. Pada Senin, 6 September 2021, KM Sanus 93 rute Tanjung Silopo ke Kotabaru mengangkut 107 orang penumpang dengan rincian: 84 orang dewasa, 17 orang anak-anak.

Layanan kapal perintis ini sesuai surat penugasan melaksanakan perjalanan kapal perintis (emplooi). Jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal perintis berbeda-beda sesuai pelabuhan tujuan. Untuk Pelabuhan Kotabaru, kedatangan kapal berikutnya pada Senin (13/9), Kamis (16/9), Rabu (22/9), dan Sabtu (25/9).

Adapun jadwal keberangkatan kapal berikutnya dari Pelabuhan Kotabaru pada Sabtu (11/9), Senin (13/9), Senin (20/9), dan Rabu (22/9).

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengoperasikan kembali kapal perintis untuk mendukung distribusi logistik, termasuk rute kapal perintis di Kabupaten Kotabaru. Sejak 14 Juli 2021, Kementerian sempat menutup rute kapal perintis di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan akibat PPKM untuk menekan pandemi Covid-19.

Selain itu, operator kapal menerapkan protokol kesehatan bagi awak kapal dan penumpang kapal. Kepala KSOP berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 untuk pelaksanaan pengawasan, pengaturan, pengendalian, serta pencegahan Covid-19 dalam kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal di pelabuhan.

BACA JUGA  Kalteng Kirim Bantuan Logistik Korban Banjir Batola
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

NasDem Balangan Siap Komunikasi Bersama Polisi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *