Tambang Ilegal Marak di Angsana, Anzawara Merugi Rp 30 Miliar

Truk pengangkut batu bara di Kecamatan Angsana, Tanah Bumbu, Sabtu (14/8/2021). Foto dokumentasi

PT Anzawara Satria, salah satu pemilik IUP batu bara di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, merasa dirugikan atas aktivitas penambangan ilegal di lahannya. Juru bicara PT Anzawara Satria, Rommeir Emma Rivilla, memperkirakan Anzarawa merugi Rp 30 miliar akibat penambangan ilegal itu.

“Jumlah kerugian lebih dari Rp 30 miliar. Selain merusak lingkungan karena tidak ada reklamasi, dan kerugian negara jelas karena tidak ada royalti,” kata Rommeir Emma Rivillia kepada banjarhits.com, Rabu 1 September 2021.

Pihaknya melaporkan penambangan ilegal ini ke Direktorat Reskrimsus Polda Kalimantan Selatan pada Juli 2021. Menurut dia, polisi sudah mengecek titik dugaan penambangan ilegal pada 26 Agustus 2021.

Sebelum polisi tiba di lokasi, Emma berkata para penambang ilegal keburu meninggalkan lokasi. Namun dua hari setelah itu, Emma mendapati lagi 10 unit alat berat masuk lokasi penambangan ilegal.

Emma menduga ada banyak pemain illegal mining di lahan IUP PT Anzawara Satria. “Sudah kerja, loading lagi di tempat itu lagi. Mungkin nambah-nambah lubang lagi. Ditemukan kemarin kalau kami lihat lebih sepuluh (lubang, red),” ujar Emma.

Emma meminta ketegasan aparat penegak hukum untuk menindak tegas oknum yang diduga penambang ilegal. Menurut dia, pelaku illegal mining patut dikenakan Pasal 158 UU Nomor 3/2020 tentang Perubahan UU Nomor 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Kasubdit IV Tipidter Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel, AKBP Tri Hambodo, menolak komentar atas dugaan illegal mining di lahan IUP PT Anzawara Satria. Tri meminta banjarhits.com untuk mengkonfirmasi ke Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes M. Rifai. Adapun Kombes Rifai mengaku belum menerima informasi tersebut. “Belum ada info,” kata Rifai.

BACA JUGA  Penumpang Pesawat di Syamsudin Noor Mulai Naik
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Sikap AJI Atas Kisruh Ketenagakerjaan Balikpapan Pos

Read Next

Pisah Sambut Dandim Amuntai-Balangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *