Forkopimda Kalsel Upacara Kemerdekaan RI Lewat Virtual

Upacara Kemerdekaan RI virtual di Kalsel, Selasa (17/8/2021).

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Provinsi ini, Selasa (17/08/2021) mengikuti upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, di Halaman Istana Merdeka, yang digelar virtual.

Suasana upacara tidak beda jauh dengan peringatan serupa tahun lalu.

Upacara dilakukan secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta dan undangan sangat terbatas, karena mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Safrizal dan Forkopimda menyimak seluruh rangkaian upacara yang dipimpin inspektur upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengkap dengan pakaian adat Lampung berupa setelan berwarna putih dipadukan sarung dan kain songket berwarna merah emas.

Nampak bersama Presiden, hadir pula ibu negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta ibu wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan tepat pukul 10.10 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Setelah itu dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Saat dibacakan, naskah proklamasi yang merupakan tulisan tangan Soekarno pun ikut ditampilkan.

Naskah itu merupakan naskah asli yang ditulis Soekarno setelah dirumuskan dan sebelum dibuat salinannya dalam bentuk ketikan oleh Sayuti Melik dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Setelahnya, dilakukan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Ardelia Muthia Zahwa (Provinsi Sumatera Utara) terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Peserta Dibatasi saat Upacara Kemerdekaan RI di Batola

Read Next

Pesan Bupati Balangan Saat HUT ke-76 Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *