Sempat Krisis, Balangan Dikirimi 50 Tabung Oksigen

Direktur RSUD Balangan, dr Ferri.

Setelah sebelumnya diinformasikan sedang kekurangan pasokan oksigen, per hari ini Jum’at (13/08/21). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan kembali terima sebanyak 50 tabung berisikan oksigen dari PT Samator Gas Industri Tanjung.

Kekurangan pasokan oksigen di RSUD Balangan ini terjadi akibat semakin melonjaknya kasus positif Covid-19 di Bumi Sanggam yang juga berakibat dengan bertambahnya jumlah pasien terpapar covid yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry melalui Kepala Seksi (Kasi) Penunjang Medis RSUD Balangan Irfan mengatakan, jika kelangkaan oksigen di RSUD Balangan ini sudah mulai dari dua minggu yang lalu.

Hal ini lantaran pasokan oksigen yang diminta tidak sesuai dengan keinginan atau dari pihak penyuplai yang tidak dapat memenuhi jumlah yang dipinta.

“Saat itu kita meminta 50 tabung berisi oksigen dari penyuplai tapi tidak terpenuhi sesuai dengan keinginan,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Irfan, biasanya terkadang hanya mendapatkan 35 tabung berisi oksigen, yang mana pemakaian rumah sakit perharinya rata-rata menghabiskan 35 hingga 40 tabung berisikan oksigen, “sehingga kalau terpenuhi sesuai dengan kebutuhan ada cadangan setidaknya 10 tabung berisi oksigen,”.

Dan juga saat ini stok ketersedian digudang oksigen milik RSUD Balangan telah habis, namun diruangan perawatan masih ada dan tetap terpasang ke pasien.

Ia meminta, agar para pasien ataupun keluarga pasien jangan khawatir akan kehabisan oksigen, karena hari ini akan datang tabung oksigen sebanyak 50 tabung.

“Data hari ini untuk yang terpakai ada 41 tabung oksigen dengan kapasitas 6 M³ (meter kubik) atwu 6.000 liter dan sudah habis, perharinya kita menghabiskan bisa antara 35 hingga 40 tabung, dan stok tabung di rumah sakit sebanyak 50 buah. Hari ini juga akan datang 50 tabung oksigen, dari PT Samator Gas Industri Tanjung,” ujarnya.

BACA JUGA  Dukun Cabul 'Corona' Dijebloskan ke Penjara

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan Dr. Ferry menghimbau, kepada masyarakat bahwa jangan sampai menunggu bergejala berat, tetapi ketika memiliki gejala ringan segeralah untuk berobat ke rumah sakit, jangan menunggu berat.

“Bahwa biasanya pasien Covid-19 yang datang, rata-rata sudah dalam gelajar berat,” terangnya.

Dalam hal ini dijelaskan Dr. Ferry, Pemerintah Kabupaten Balangan juga telah turut berpartisipasi membantu pihaknya dengan menambahkan 50 tabung oksigen untuk meminimalisir kekurangan oksigen di RSUD Balangan.

Dan berdasarkan data yang diberikan Bidang Pelayanan RSUD Balangan, bahwa saat ini sekitar 23 orang pasien terpapar Covid-19 dibantu bernafas memakai tabung oksigen. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Desa Tak Perlu Cemas Pakai APBDes untuk Covid

Read Next

Bawa 34 Paket Sabu, Duo Sekawan Ditangkap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *