Desa Tak Perlu Cemas Pakai APBDes untuk Covid

Apel penanggulangan Covid-10 di Balangan, Jumat (13/8/2021).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level-3 Pemkab Balangan laksanaan Apel Kesiagaan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Balangan yang digelar di Lapangan Kantor Pemkab Balangan, Jum’at (13/8/2021).

Dalam Apel tersebut turut berhadir Bupati Balangan, Unsur Forkopimda, Tim Satgas Covid Balangan, seluruh camat di kabupaten Balangan, seluruh kepala desa dan lurah di Balangan serta tamu undangan lainnya.

Bupati Balangan H. Abdul Hadi mengatakan, tujuan dari diadakannya kegiatan apel, yang mana menghadirkan seluruh kepada desa dan lurah di Kabupaten Balangan untuk mengoptimasi penerapan PPKM level-3 di tingkat desa yang saat ini sedang berlangsung.

“Seperti kita tahu di Kabupaten Balangan sendiri kasus Covid sedang meningkat dan kita sudah memasuki PPKM level-3,” terangnya.

Ketua Satgas Covid kabupaten Balangan ini menambahkan, bahwa pemerintah sudah melakukan semaksimal mungkin untuk penanganan Covid-19 diantara kesiapan rumah sakit, kesiapan tenaga kesehatan, kesiapan oksigen dan lain lain.

“Pemerintah daerah sudah melakukan banyak hal diantaranya kesiapan rumah sakit, kesiapan nakes, kesiapan oksigen dan kemudian Sosialisasi kita tentang protokol Covid,” tambah Abdul Hadi.

Dengan menghadirkan kepala desa dan lurah dari seluruh desa di kabupaten Balangan, tentunya agar bisa menegaskan bahwasanya penerapan PPKM level-3 bukan hanya sekedar formalitas belaka tetapi harus di terapkan dengan sebenar benarnya. Ucap orang nomor satu di Bumi Sanggam.

“Penerapan PPKM level-3 ini bukan hanya sekedar memasang spanduk dan menyerap anggaran refocusing,” ucapnya.

Ia juga menjawab kekhwatiran pemerintah desa tentang penggunaan anggaran desa hasil refocusing senilai 8% untuk penanganan covid di tingkat desa.

“Berdasarkan arahan dari Polres Balangan dan Kejaksaan Balangan, silahkan serap dan gunakan dana itu, tidak masalah selama untuk penanganan Covid-19,” tegasnya.

BACA JUGA  Kisah Pilu Guru Honorer Korban Banjir di HST

Abdul Hadi berharap PPKM di desa bisa lebih aktif sebagai garda terdepan di tingkat RT, serta untuk mencegah agar Kabupaten Balangan statusnya tidak meningkat ke PPKM level-4.

“Kita mau PPKM ini aktif di setiap desa sebagai garda terdepan di tingkat RT untuk penanggulangan Covid-19 di kabupaten Balangan supaya kita tidak masuk level-4,” tutupnya. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Penanganan Covid Fokus KUPA PPAS Kalsel

Read Next

Sempat Krisis, Balangan Dikirimi 50 Tabung Oksigen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *