Respons Cepat Pelabuhan Bagendang Bantu Tangani Kebocoran CPO

Pelindo III turut membantu menangani kebocoran CPO di Pelabuhan Bagendang, Senin (9/8/2021).

PT Pelindo III (Persero) Pelabuhan Bagendang melakukan aksi dan respon cepat dalam membantu melakukan penanganan mitigasi dan evakuasi serta monitoring yang intens pasca terjadinya kebocoran tongkang minyak CPO (Crude Palm Oil) atau minyak sawit dari kapal yang tengah melakukan proses muat di dermaga yang ditengarai karena terdapat keretakan/ kebocoran pada lambung tongkang, Jumat (6/8/2021).

GM Pelabuhan Bagendang Akhmad Fajar menjelaskan bahwa tim operasional pelabuhan sesaat insiden terjadi, langsung bergerak cepat melakukan penanganan preventif dengan menghentikan kegiatan loading minyak dan melanjutkan memindahkan muatan ke palka tongkang sisi kanan.

“Serta bersama pihak ABK kapal melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu untuk membersihkan ceceran minyak yang tumpah di di perairan sungai sekitar dermaga sekalipun kondisi medan saat itu arus air cukup kuat. Alhamdulillah aksi tersebut pun mendapat apresiasi dari Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur M Kurniawan Anwar yang beberapa waktu lalu juga melakukan peninjauan lapangan,” kata Akhmad Fajar kepada banjarhits.com, Senin (9/8/2021).

Seperti diketahui bahwa minyak CPO atau minyak sawit bukan termasuk dalam kategori jenis limbah berbahaya yang mana jenis tersebut merupakan jenis SBE. Dalam Peraturan Pemerintah bahwa Spent Bleaching Earth (SBE) ditetapkan menjadi limbah non B3 sebagaimana tercantum dalam lampiran XIV. SBE dengan kode N108 dalam lampiran PP Nomor 22/2021 yang mana menjadi harapan semuanya bahwa kebocoran minyak tidak mengganggu ekosistem lingkungan kehidupan sekitarnya.

Di sisi lain, segala koordinasi dan sinergi seluruh pihak yang telah terjalin dengan baik dalam penanganan pasca insiden tersebut dapat membuahkan hasil dengan cepat.

Harapan utama agar mana kegiatan operasional di Wilayah kerja PT Pelindo III (Persero) Pelabuhan Bagendang dapat segera berjalan lancar kembali yang tentunya hal tersebut sangat berpengaruh dalam memberikan dampak positif, dan berperan serta meningkatkan kemajuan kehidupan perekonomian masyarakat di wilayah sekitar khususnya daerah Kabupaten Kotawaringin Timur.

BACA JUGA  Bandit Curanmor Ditangkap di Banjarbaru
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Dua Noor Maksimalkan Visi Misi Batola 2017-2022

Read Next

Kalsel Punya Program Keluarga Sehat dan Tanggap Bencana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *