Kalsel Punya Program Keluarga Sehat dan Tanggap Bencana

Pj Ketua PKK Kalsel Hj. Safriati Safrizal.

Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak mengedukasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Program Keluarga Sehat, Tanggap Bencana.

Kali ini, TP PKK Kalsel mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu, setelah sebelumnya berkunjung ke sejumlah Kabupaten/Kota di Banua.

Di Tanah Bumbu,, Pj Ketua PKK Kalsel, Safriati Safrizal ZA, menyerahkan bantuan dan sosialisasi Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana, Senin, (9/8) berlangsung di Mahligai Bersujud.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Tas Siaga Bencana (TSB), Paket Sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, Disabilitas, Lansia.

“Alhamdulillah, kami dapat berkunjung ke Tanah Bumbu, dengan membawa bantuan antara lain Tas Siaga Bencana (TSB), Paket Sembako, dan bantuan beras,” terang Safriati.

Ketua Bidang IV TP PKK Pengurus Pusat ini menjelaskan program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana ini merupakan gagasan dan merupakan program prioritas dari Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Pusat, untuk mendorong Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana.

“Keluarga Bencana dibina untuk menjadikan seseorang, keluarga atau masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya,” jelas Safriati.

Lebih lanjut Safriati menjelaskan, gerakan ini bukan lomba, karena kalau lomba hanya fokus untuk memenangkan lomba.

Berbeda program ini, TP PKK Pusat berharap bisa menjadi program perbaikan atas permasalahan maupun potensi bencana yang dihadapi suatu daerah secara berkesinambungan.

“Nantinya, setiap provinsi kita dorong untuk minimal ada 1 program prioritas terkait Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana. Selanjutnya, proyek yang terpilih nantinya menjadi percontohan tingkat nasional,” harapnya.

Ditambahkan Safriati, ada sembilan Program Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana yang akan menjadi percontohan.

BACA JUGA  Sikap DAD Kalsel atas Sengketa Lahan di Tanbu

Program tersebut adalah penurunan angka stunting; meningkatkan kesehatan masyarakat; menurunkan angka kematian ibu, bayi dan balita; dalam.rangka mewujudkan keluarga yang tanggap dan tangguh erhadap bencana rumah tangga.

Mewujudkan desa/kelurahan yang tanggap dan tangguh dalam penanganan darurat bencana alam. Meningkatkan komitmen masyarakat guna menjaga kelestarian lingkungan; meningkatkan jumlah peserta KB.

Mewujudkan Keluarga yang tanggung dalam perencanaan keuangan; dan meningkatkan kelahiran bayi cukup bulan dan berat normal.

“Saya berharap, TP PKK turun ke lapangan untuk menyosialisasikan dan melakukan simulasi kepada para kader PKK, ” harapnya.

Seperti sosialisasi program keluarga siaga bencana, bagaimana dapat mencegah maupun melakukan tindakan pertama dalam memghadapi bencana yang sering terjadi di rumah tangga.

Sementara Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti menyampaikan terima kasih atas kunjungan TP PKK Prov Kalsel .

PKK Provinsi Kalsel memberikan bantuan dan edukasi kepada para kader PKK Kab Tanah Bumbu. “Kehadiran Ibu beserta rombongan, merupakan perhatian Pj Ketua PKK Kalsel, kepada masyarakat Tanah Bumbu khususnya, yang tengah menghadapi pandemi. Dan bantuan yang diberikan merupakan tanda kasih dan perhatian TP PKalsel,” ucapnya.

Istri Bupati Tanbu ini berharap, kunjungan Safriati bukan yang terakhir, bisa datang kembali ke Tanah Bumbu untuk jalan-jalan menikmati ikan.

“Semoga ibu senantiasa diberikan kesehatan, dan bisa kembali datang kembali ke Tanah Bumbu, baik sebagai TP PKK Pusat, maupun sekedar untuk jalan-jalan menikmati pesona Tanah Bumbu,” harapnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Respons Cepat Pelabuhan Bagendang Bantu Tangani Kebocoran CPO

Read Next

KUPA-PPAS Batola Diusulkan Rp 1,37 Triliun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *