PPKM, Kapal Penyeberangan Kotabaru Tetap Beroperasi

Kapal penyeberangan di Pelabuhan Panjang, Kotabaru.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru yang membawahi operasional Pelabuhan Panjang, Kabupaten Kotabaru, tetap membuka layanan pelayaran kapal penyeberangan. Kapal-kapal kayu ini melayani rute Kotabaru – Geronggang – Pudi – Sungai Durian pergi pulang.

Menurut General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru, Zainal Abidin, pihaknya masih mengoperasionalkan Pelabuhan Panjang selama PPKM akibat pandemi Covid-19. Namun, kata Zainal, untuk pelayaran kapal perintis ditutup sementara sejak 21 Juli 2021 sampai batas waktu tidak ditentukan.

“Yang kapal perintis rute Pulau Sembilan – Majene pakai kapal Pelni, Sabuk Nusantara. Yang ada kapal penyeberangan saja, seminggu tiga kali,” kata Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Kamis (29/7/2021).

Pihaknya mencatat ada keberangkatan Kapal Motor Tiga Putra dari Pelabuhan Panjang pukul 09.40 Wita, Kamis 29 Juli 2021. KM Tiga Putra mengangkut 21 orang dan 8 unit sepeda motor menuju Geronggang.

Menurut dia, Dirjen Perhubungan Laut sudah menghentikan sementara operasional kapal perintis di wilayah Kotabaru. “Sampai batas waktu tidak ditentukan. Mungkin menunggu Corona turun seperti dulu,” lanjut Zainal Abidin.

Zainal berkata, untuk masyarakat di daerah Pulau Sembilan masih bisa memanfaatkan kapal-kapal perintis melalui Lontar dan Tanjung Seloka di selatan Pulau Laut.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan yang berkantor di Kota Banjarmasin. PT Pelindo III merupakan BUMN yang mengelola 48 pelabuhan pada tujuh provinsi.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Media Diminta Optimal Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Read Next

Ini 10 Top Inovasi Balangan 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *