Media Diminta Optimal Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

BNN Balangan dan wartawan, Kamis (29/7/2021).

Puluhan wartawan dari beberapa insan media mengikuti workshop penguatan kapasitas untuk mendukung kota tanggap ancaman Narkoba yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan, di kawasan Hotel Mulia Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (29/07/2021).

Dengan digandengnya para insan media oleh BNNK Balangan diharapkan bisa dalam memaksimalkan penegakan dan pemberantasan Narkoba di tengah masyarakat melalui media informasi pemberitaan.

Diungkapkan Kepala BNNK Balangan, Muhammad Faisal Sidiq, bahwa peran media sangatlah penting karena memiliki kekuatan untuk mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

Ia mengatakan, Kabupaten Balangan sebagai daerah perlintasan antar provinsi, merupakan daerah yang sangat strategis dan menjadi sasaran empuk dalam peredaran Narkoba,

Menurutnya, tidak hanya Balangan yang menjadi daerah rawan penyalahgunaan Narkoba. Akan tetapi seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Maka itu, dalam langkah penanggulangan penyalahgunaan Narkoba diperlukan pengembangan dan pembinaan tanggap ancaman Narkoba yang bisa memberdayakan masyarakat sehingga mandiri dan dapat menciptakan lingkungan yang bersih Narkoba,” terangnya.

Ketua PWI Balangan Sugiannor mengatakan, pihaknya hadir untuk membangun sinergitas bersama BNNK Balangan dalam hal penguatan awak media untuk mendukung program BNNK Balangan.

“Selain mendukung program BNNK, kita juga akan selalu mempublikasikannya kepada masyarakat luas khususnya di Balangan agar mengerti akan bahaya serta efek sosial yang ditimbulkan oleh Narkoba ini,” jelas Sugiannor.

Sementara itu Jurnalis senior Balangan sekaligus narasumber Wahyudi mengungkapkan, selama ini para media-media lebih banyak memberitakan tentang pemberantasan Narkoba dibandingkan pencegahahannya.

Padahal menurutnya, memberitakan tentang pencegahan lebih efektif dan menarik daripada melulu tentang pemberantasan. Maka dari itu, ia mengajak kepada insan media di Balangan perlahan mulai sekarang mengubah arah pemberitaan itu ke arah pencegahan daripada ke arah pemberantasannya. (Didi Juaidinnoor)

BACA JUGA  8 Jenazah Masih Utuh saat Pemindahan Makam di Sekumpul
Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Safrizal Minta Penyaluran Bantuan Beras PPKM Dipercepat

Read Next

PPKM, Kapal Penyeberangan Kotabaru Tetap Beroperasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *