Ini 10 Top Inovasi Balangan 2021

Aidinor dan Murwany (kanan).

Pemkab Balangan melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar presentasi dan penilaian finalis top 10 Lomba Inovasi Balangan (BAILANG) tahun 2021, di top 5 kategori SKPD dan top 5 kategori BLUD atau UPT Puskesmas, di Aula Benteng Tundakan, Rabu (28/07).

Dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Balangan, Aidinor, ini langkah untuk mendorong SKPD dan unit kerja lebih kreatif dalam memanfaatkan IT. Ia berharap Balangan semakin maju dengan banyaknya inovasi-inovasi yang berorientasi pada akses dan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat serta kemudahan dalam pengadministrasian dan pelaporan SKPD.

“Ini merupakan hasil dalam beberapa kali sosialisasi tentang hal apa saja yang harus terpenuhi dalam berdasarkan Pelayanan serta tujuan yang di lakukan Sekretariat BAILANG 2021, maka lahir lah 10 inovasi di masing-masing 5 besar pada tiap kategori,” kata Aidinor.

Lanjut dia, sesuai dengan tahapan jadwal lomba inovasi balangan tahun 2021, hari ini adalah kegiatan untuk presentasi dengan masing-masing peserta yang sudah masuk kategori 5 besar, baik di kategori SKPD, BLUD atau UPT Puskesmas.

“Hari ini ada 10 inovasi yang di presentasikan untuk selanjutnya nanti akan di nilai oleh tim juri, yang mana di tiap kategori sudah ada indikator-indikator yang harus terpenuhi pada masing-masing SKPD, BLUD, dan puskesmas,” terangnya.

Menurut Aidinor, dari semua inovasi yang telah di presentasikan, semuanya punya potensi juara, karena memang 10 inovasi tersebut sudah memenuhi tahapan yang disampaikan, dan memenuhi syarat-syarat ketentuan baik yang sifatnya sistem maupun dalam hal pelayanan publik kepada masyarakat.

Dilanjutkan dia, ke depan mudah-mudahan di tahun 2022 kegiatan ini terus berlanjut dengan peserta yang lebih banyak dan semakin bertambahnya inovasi-inovasi yang ad. Para inovator juga selalu semangat untuk selalu berkarya agar bisa dapat di persembahkan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Balangan.

BACA JUGA  3 Bulan Buron, Rahman Nor Ketangkap di Samarinda

“Dalam rangka nanti Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Balangan di Kementerian Dalam Negeri itu paling tidak tetap bertahan atau lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya, dan mudah-mudahan juga karya inovasi ini nanti bisa di ikutkan dalam Innovative Goverment Awards (IGA) tahun 2022 di Kementerian Dalam Negeri,” pungkas Aidinor.

Sementara saat ditanya, Murwany Kabid Teknologi Inovasi Balitbangda Provinsi Kalsel menembahkan, yang diperlukan di sini Provinsi Kalsel tugas utama adalah mendukung kerja sama antara kabupaten dengan provinsi.

“Semua seperti yang dijelaskan tadi dari hulu ke hilir itu harus sejalan dengan apa yang bisa dihasilkan, apa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dan dirasakan oleh masyarakat,” ujar Murwany.

Ia juga berharap, untuk ke depan arahnya kalau bisa mengarah ke indeks daya saing daerah, indeks daya saing daerah ini akhirnya nanti pada Innovative Goverment Awards (IGA) tadi.

Sebagai Informasi inilah daftar 10 Katagori Inovasi yang masuk menjadi penilaian Bailang 2021 :

“LIMA KATAGORI SKPD :

  1. SI MANIS
    (Sistem Informasi Melayani Izin Dengan Segera)
    DPMPTSP
  2. SI DUAN ONLINE
    (Sistem Pengaduan Online)
    DPMPTSP
  3. SI SUKA MILE
    (Sistem Survey Kepuasan Masyarakat Secara Online).
    DPMPTSP
  4. E – BKU
    (Buka Kas Umum Elektronik)
    DINAS PENDIDIKAN
  5. OVOD
    (One Village One Data)
    BAPPEDA

“LIMA KATAGORI BLUD ATAU UPT PUSKESMAS :

  1. PAPA MODIS
    (Pengolahan sampah Domestik dan Medis)
    BLUD RSUD BALANGAN.
  2. E – SURVEY
    (Kepuasan Masyarakat)
    BLUD RSUD BALANGAN
  3. MAKAN APEL
    (Mari Kita Nyalakan Alarm Persalinan) PUSKESMAS UREN
  4. KADUT MAIL
    (Kartu Data Umum Terpantau Lima Imunisasi Lengkap)
    PUSKESMAS UREN
  5. KULITA
    (Kartu Aktif Balita)
    PUSKESMAS BATU MANDI

(Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

PPKM, Kapal Penyeberangan Kotabaru Tetap Beroperasi

Read Next

Pemprov Kalsel Diskon 50% Pajak Kendaraan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *