Hasil Seleksi Komisioner KPID Kalsel Akan Digugat ke PTUN

Logo KPI.

Barisan Kelompok 4 yang gagal lolos menjadi komisioner KPID Kalimantan Selatan teus mempersoalkan hasil seleksi. Menurut koordinator Kelompok 4, Fahmi Amrusi, pihaknya mempertanyakan transparansi dan akuntabilitas seleksi komisioner KPID Kalsel periode 2021-2024.

Pihaknya punya indikator penilaian yang mengacu norma hukum, seperti UU Nomor 32 Tahun 2002 dan Tata Tertib DPRD Kalsel. “Dengan norma-norma ini, kami ingin mendapat kejelasan agar transparan dan akuntabel,” kata Fahmi Amrusi kepada banjarhits.com, Kamis (15/7/2021).

Ia melanjutkan, persoalan ini menyangkut kebenaran objektif karena seleksi melibatkan wakil rakyat di DPRD. Jika sudah sesuai norma-norma yang ada, Fahmi tentu menghargai hasil seleksi komisioner KPID Kalsel.

“Namun jika terdapat hal-hal yang melenceng dari norma yang ada, kami sebagai masyarakat yang hak kami dilindungi UU untuk berpendapat tentang apa yang telah menjadi keputusan DPRD Kalsel,” ucap Fahmi Amrusi.

Pihaknya ingin menempuh cara-cara lunak lewat dialog, sehingga mengirim surat permohonan audiensi ke Komisi I DPRD Kalsel. Ia berharap Komisi I berkenan menjadwalkan audiensi agar mendapat penjelasan secara terang benderang.

Fahmi Amrusi mencontohkan ada anggota Dewan yang menyatakan bahwa pendidikan calon komisioner minimal SMA. Padahal, kata Fahmi, pendidikan minimal peserta seleksi adalah strata 1 sesuai UU Nomor 32 Tahun 2002.

“Seorang anggota Dewan harusnya bertanya dengan benar, sesuai aturan UU 32. Dari statement itu muncul interpretasi bahwa tidak paham UU 32, orang menilai itu pelecehan terhadap gelar yang dicapainya susah payah, waktu, dan biaya. Itu salah satu contoh,” lanjut Fahmi.

Menurut dia, pengalaman selama ini menunjukkan proses seleksi komisioner KPID bermasalah. Fahmi berkata audiensi untuk mengetahui persoalan sesungguhnya dan dicarikan solusi sesuai kewenangan Komisi I DPRD Kalsel.

BACA JUGA  Direktur Teknik Pelindo III Tinjau Kesiapan Fasilitas TPKB Banjarmasin

Pihaknya siap mengajukan gugatan ke PTUN atas hasil seleksi Komisioner KPID Kalsel. Apabila sampai Senin pekan depan tidak ada respons dari Komisi I, maka barisan Kelompok 4 siap mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Barisan Kelompok 4 terdiri atas Fahmi Amrusi, Guperan Sahyar Gani, Daddy Fahmanadie, dan Muhammad Syaukani.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Kamis Subuh, Pondok Pesantren Al Falah Kebakaran

Read Next

6 Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *