Dinas Pertanian Periksa Fisik Hewan Kurban di Balangan

Pemeriksaan hewan kurban di Balangan, Rabu (14/7/2021).

Menjelang datangnya perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah atau yang dikenal sebagai Hari Raya Kurban, Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kabupaten Balangan melakukan pendataan dan pemeriksaan hewan kurban di beberapa penjual hewan kurban yang ada di Balangan, Rabu (14/07/2021).

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan secara fisik dan secara ante mortem untuk mengetahui bahwa hewan-hewan kurban yang dijual dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan Ayu Asrinah mengatakan, untuk jadwal pemeriksaan hewan kurban hari ini dilaksanakan di beberapa wilayah yang banyak penjual hewan kurban seperti Kecamatan Lampihong.

“Rencananya kita hari ini ke daerah Lampihong yaitu di, Desa Lajar, Mundar, Lampihong Selatan, Tampang, Simpang Tiga, dan pagi tadi di daerah Kecamatan Paringin di Desa Bungin,” ujar Ayu Asrinah.

Lanjut Ayu, untuk tahun ini kemungkinan perkiraan ada sekitar 500 ekor hewan kurban di Balangan. Hal ini mungkin lebih menurun dari tahun 2020 yaitu sebanyak 600 ekor untuk hewan kurban.

“Mungkin karena ada pandemi jadi ada kekurangan, tetapi untuk perkiraan di Balangan pasokan hewan kurban sudah bisa dikatakan terpenuhi,” ungkapnya.

Sementara itu, Budi Raharjo pemilik kandang hewan kurban di Desa Bungin, Kecamatan Paringin menyebut, biasanya dengan ada kerjasama dari Dinas Pertanian mendatangi pedagang untuk memeriksa hewan kurban.

“Untuk sapi biasanya kami dari kandang itu minta terapi dulu kita suntik, diberi vitamin, sama obat cacing supaya sapi nya setelah di qurbankan sehat,” tuturnya.

H Urip yang juga pemilik kandang hewan kurban di Desa Lajar, Kecamatan Lampihong mengaku, sudah sekitar 20 tahun berusaha dengan menjual hewan-hewan jenis sapi dan kambing.

BACA JUGA  Anggota TNI-Polri Kompak Disuntik Vaksin Covid

“Yang ada di tempat kita ini jumlah sapinya sekitar 150 ekor, tahun ini penjualan lebih meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya,” jelasnya. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Pengawasan Makanan dan Obat di Batola Diperketat

Read Next

Bulog Siap Menyerap Padi Petani Balangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *