Revolusi Hijau Digencarkan di Balangan

Penanaman pohon di Hutan Kota Balangan, Jumat (9/7/2021).

Gerakan revolusi hijau dalam rangka penanaman sejuta pohon serentak se-Kalimantan Selatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan menanam setidaknya 200 bibit pohon di sekitaran areal Hutan Kota Balangan yang terletak di samping Tugu Durian dan Maritam Komplek Perkantoran Balangan, Jum’at (9/07/2021).

Bupati Balangan Abdul Hadi dalam acara penanaman sejuta pohon menjelaskan, revolusi hijau yang digagas Pemprov Kalsel tentunya sangat banyak manfaat kepada masyarakat di kemudian hari. Menurut dia, gerakan ini turut mendukung memperbaiki lahan-lahan kritis atau gundul.

“Hari ini kita mengikuti revolusi hijau yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalsel. Jadi ada 13 kabupaten/kota yang mengikuti acara ini untuk penanaman sejuta pohon,” ujar Abdul Hadi, Jumat (9/7/2021).

Ia berharap, dengan adanya penanaman sejuta pohon ini maka lahan-lahan yang kritis, lahan-lahan yang gundul dapat kembali hijau dan dapat memberi manfaat bagi daerah.

“Tanaman ini untuk benar-benar di rawat supaya bisa tumbuh dan berkembang di kemudian hari, kedepan juga kita akan mencoba untuk memberi arahan ke setiap SKPD nanti dalam rangka membangun sinergitas dengan pemprov terkait revolusi hijau,” ucap Abdul Hadi.

Sementara itu, pelaksana tugas Kasi Pemanfaatan Hutan KPH Balangan, Nazaruddin menyampaikan pihaknya turut berpartisipasi sebagai pemasok bibit tanaman dengan menyediakan 500 bibit pohon yang ditanam di dua tempat berbeda.

“KPH Balangan hari ini menggelar di dua tempat yaitu yang pertama di Hutan Kota Balangan. Kedua di rest area Muara Tapus HSU, jadi bibit yang kita distribusikan masing-masing ada 250 bibit pohon yang terdiri dari bibit sepatu deya, mahoni, cempedak, langsat, dan durian,” bebernya.

Desy Raihani Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas LH Balangan mengatakan, revolusi hijau ini dilaksanakan bersama TNI dan didukung oleh Pemkab Balangan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan KPH Balangan.

BACA JUGA  Kasus ITE, LBH Yakin Despianoor Divonis Bebas

“Dinas LH berkoordinasi dengan TNI dan jajaran forkompimda, sehingga hari ini bisa terlaksana penanaman sejuta pohon serentak se-Kalsel bersama TNI,” ungkapnya.

Dengan pada pelaksanaannya sekitar 200 bibit pohon rencananya akan di tanam di sekitaran area Hutan Kota Balangan yang berada pada samping Tugu Durian dan Maritam, sebagai upaya penghijauan atau reboisasi. (Didi Juaidinnoor)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

admin

Read Previous

Aneka Persoalan Dihadapi Petani saat Pandemi Covid

Read Next

Popda Kalsel, Abdul Hadi Janjikan Bonus Atlet Balangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *