Disomasi Tim BirinMu, Uhaib Dapat Dukungan Jaringan Akademik

Poster #SaveUhaib.

Muhammad Uhaib As’ad, dosen FISIP Universitas Islam Kalimantan MAAB, mengaku mendapat banyak dukungan moral dan apresiasi dari kolega akademisi dalam negeri dan luar negeri.

Tim hukum paslon Gubernur – Wagub Kalsel BirinMu melayangkan somasi ke Uhaib Asad atas pendapatnya soal hasil PSU Pilgub Kalsel. Mereka keberatan pendapat Uhaib yang dinilai merugikan tim BirinMu.

“Alhamdulillah. Saya mendapatkan ribuan apresiasi dan dukungan moral intelektual dari kolega, sahabat, dan jaringan akademik dari dalam negeri dan luar negeri,” kata Uhaib Asad kepada banjarhits.com, Senin (21/6/2021).

Uhaib mengklaim dukungan moral itu ramai di linimassa. Atas dukungan yang meluas ini, Uhaib merasa tidak berjalan seorang diri menghadapi somasi itu. Dukungan moral ini baik secara personal dan institusi.

“Bakallahu Lakum. Hasbunallahu Wani’mal Wakil Wala Haula Wala Quwwata Illa Billahi Aliyyil Adzim. Allahu Muhithun Lanaa,” tulis Uhaib Asad. Ia tersadar bahwa dirinya bukan yatim piatu dalam jaringan akademik.

Komisioner Komnas HAM, Hairansyah, telah menyatakan sikap tegas bahwa pendapat Uhaib As’ad sebagai hak kebebasan berekspresi dalam bingkai akademik.

“Kebebasan merupakan batu fondasi bagi setiap masyarakat yang bebas dan demokratis. Kedua kebebasan tersebut terkait erat, dengan kebebasan berekspresi yang menyediakan wahana untuk pertukaran dan pengembangan opini,” kata Hairansyah.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Sawah Berlumpur, Petani Korban Banjir Kalsel Terancam Kelaparan

Read Next

Pj Gubernur Kalsel Tekankan Pertambangan Berbasis Lingkungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *