Safrizal: Laporkan Bila Ada Pelanggaran saat PSU Pilgub Kalsel

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal memimpin rakor Lebaran 1442 Hijriah, Selasa (27/4/2021). dok banjarhits.com

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalimantan Selatan gelar rapat koordinasi penyelenggaraan PSU pada Rabu (2/6/2021).

Rakor dipimpin penjabat Gubernur Kalsel Safrizal, dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kalsel Supan HK, Kapolda Kalsel Irjen Rikhwanto, Korem 101/Antasari, Kejaksaan Tinggi Kalsel, Bawaslu Kalsel, KPU Kalsel, dan unsur lainnya.

Menurut Safrizal, Forkopimda Kalsel berkomitmen mendukung KPU Kalsel dan Bawaslu Kalsel menyelenggarakan PSU Pilgub Kalsel secara damai, aman, lancar, dan demokratis.

“Kami juga memastikan penyelenggaraan pemungutan suara di PSU berjalan menerapkan 12 hal terkait protokol kesehatan di TPS,” kata Safrizal.

Sementara wilayah PSU akan diliburkan, namun keputusannya menunggu Kemendagri dalam waktu dekat. Safrizal meminta semua pihak menjaga stabilitas dan kondusifitas Kalsel, baik di wilayah PSU dan di luar PSU. Stabilitas juga menyasar dunia digital.

“Netralitas ASN/Polri/TNI harga mati dan harus dijunjung setinggi-tingginya. Laporkan bila ada kecenderungan pelanggaran,” lanjut Safrizal.

Forkopimda kompak dan solid, serta tidak mentolerir segala upaya yang mengancam stabilitas dan kondusifitas selama PSU. Safrizal mengimbau semua pihak menghormati hasil PSU sebagai wujud pilihan masyarakat Banua.

“Mari kita jaga kesejukan Banua, karena kita bersaudara, kita badangsanak barataan,” ucapnya.

Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto mengatakan pihaknya siap menjaga keamanaan selama momen PSU agar aman dan damai. “Semua TPS kita anggap rawan pada PSU ini, kita akan jaga sebaiknya. Semua bahu membahu agar PSU berjalan aman dan damai,” ujar Rikwanto.

Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah, menambahkan pelaksanaan PSU ini memakai APBD Pemprov Kalsel telah dihibahkan dana penyelenggaraan Rp 5,4 miliar.

“Hibah tersebut sebagai dana tambahan dari sisa dana KPU untuk penyelenggaraan Pilgub Kalsel 2020 lalu,” ucapnya. Pihaknya terus monitoring dan koordinasi dalam rangka penyelenggaraan PSU yang sukses dan damai.

BACA JUGA  Umat Islam di Banjarmasin Aksi Bela Nabi
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

GR, Warga Kamsel Ditangkap Punya Sabu

Read Next

Soal Foto NU Dukung BirinMu, PWNU Kalsel: 100% Netral

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *