Penumpang Padat di Pelabuhan Stagen Kotabaru

Penumpang sangat padat di Pelabuhan Stagen Kotabaru, Minggu (24/5/2021).

Sejak pemerintah mencabut larangan mudik pada 17 Mei 2021, pergerakan penumpang di Pelabuhan Stagen Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan, mencatatkan kenaikan. Ratusan penumpang memadati Pelabuhan Stagen Kotabaru pada Minggu sore (23/5/2021).

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Stagen Kotabaru, Zainal Abidin, berkata angka penumpang kapal melonjak drastis pada Minggu sore, 23 Mei 2021. Menurut Zainal, ratusan penumpang ini hendak bertolak ke Pelabuhan Tanjung Silopo di Majene, Sulawesi Barat.

“Mbludak (padat, red). Naik dari biasanya, ada kenaikan penumpang sampai 100 persen lebih. Ada kenaikan sampai 257 orang, biasanya harian 50 orang. Mereka tujuan ke Majene, pelayaran langsung dari Kotabaru,” ucap Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Minggu (23/5/2021).

Mereka menumpang KM Sabuk Nusantara 93 yang baru datang dari Batulicin, setelah lebih dulu melayani pelayaran dari Pulau Sembilan. Untuk rute Kotabaru – Majene pada Minggu sore, kata Zainal, KM Sabuk Nusantara 93 mengangkut sebanyak 257 orang. Mereka terdiri atas penumpang dewasa 201 orang, anak-anak sebanyak 44 orang, dan bayi sebanyak 12 orang.

KM Sabuk Nusantara 93 angkat sauh dari Pelabuhan Stagen ke Tanjung Silopo pukul 17.50 Wita. “Jumlah ABK 21 orang. Penumpang turun dari Batulicin sebanyak 173 orang. Dewasa 158 orang, anak-anak 12 orang, dan bayi 3 orang,” lanjut Zainal Abidin.

Pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap penumpang kapal. Menurut dia, calon penumpang wajib membawa hasil negatif rapid test antigen jika hendak naik kapal.

Adapun di Pelabuhan Panjang, ada 54 penumpang KM Berkat Syafaat 02 menuju Tanjung Semelantakan dan Bakau yang berangkat pukul 20.20 Wita, Minggu (23/5/2021). Selain membawa orang, KM Berkat Syafaat 03 mengangkut 10 unit kendaraan sepeda motor.

BACA JUGA  Bupati Banjar Ikut Rakor UU Cipta Kerja

PT Pelindo III Pelabuhan Stagen Kotabaru di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III (Persero) mengelola 43 pelabuhan umum yang tersebar pada tujuh provinsi di Indonesia.

Pelindo III Regional Kalimantan membawahi lima pelabuhan umum, yakni Pelabuhan Bumiharjo Kumai, Pelabuhan Bagendang Sampit, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Samudera Batulicin, dan Pelabuhan Kotabaru.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Aliansi: Setop Pemidanaan Aktivis Kristianto Pakai UU ITE

Read Next

Simpatisan H2D Dipukuli dan Diancam Dibunuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *