Larangan Mudik Dicabut, Kapal Perintis Berlayar ke Pelosok Kotabaru

KM Sabuk Nusantara 93 sandar di Pelabuhan Kotabaru, Jumat (21/5/2021).

Puluhan penumpang kembali memadati area Pelabuhan Kotabaru di Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, pada Jumat (21/5/2021). Mereka hendak naik kapal rute perintis ke daerah gugusan kepulauan di Kabupaten Kotabaru, setelah pemerintah mencabut larangan mudik pada 6 – 17 Mei 2021.

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru, Zainal Abidin, menuturkan puluhan penumpang ini diangkut KM Sabuk Nusantara 93 menuju Batulicin yang berangkat hari ini pukul 14.00 wita.

“Setelah dari Batulicin, pelayaran ke Pulau Sembilan, kembali ke Batulicin, Kotabaru, dan ke Majene. Hari Minggu ke Majene,” ucap Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Jumat (21/5/2021).

Menurut Zainal, KM Sabuk Nusantara 93 sudah sandar di dermaga Pelabuhan Kotabaru pada Senin (17/5/2021) malam. Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Tanjung Silopo menuju Pelabuhan Kotabaru.

Saat itu, kata dia, penumpang yang turun sebanyak 24 orang. Penumpang ini terdiri dari dewasa 17 orang, anak-anak 6 orang, dan bayi 1 orang. Setelah sandar empat hari, KM Sabuk Nusantara 93 melanjutkan pelayaran ke Batulicin – Pulau Sembilan – Batulicin – Kotabaru – Majene.

Adapun penumpang yang naik KM Sabuk Nusantara 93 hari ini sebanyak 63 orang. Mereka terdiri atas penumpang dewasa 48 orang, anak-anak 13 orang, dan bayi 2 orang. “Total 63 orang, dan jumlah ABK 21 orang. Biasa saja penumpangnya,” ucap Zainal Abidin.

Selain KM Sabuk Nusantara 93, kata Zainal, ada pula KM Meratus 03 yang melayani rute perintis dari Pelabuhan Panjang, Kotabaru ke Batu Besar. KM Meratus 03 membawa penumpang sebanyak 42 orang dan sepeda motor 16 unit.

“Berangkat (KM Meratus 03, red) tadi malam (20.00 wita, red) dari Pelabuhan Panjang. Kondisi dermaga dan fender dalam keadaan baik saat kapal keluar,” lanjut Zainal.

BACA JUGA  Titian Antasan Bromo Makan Korban

Pihaknya tetap mewajibkan calon penumpang kapal membawa hasil negatif tes antigen Covid-19. Sebab, Pelabuhan Kotabaru belum dilengkapi alat GeNose.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III (Persero) mengelola 43 pelabuhan umum yang tersebar pada tujuh provinsi di Indonesia.

Pelindo III Regional Kalimantan membawahi lima pelabuhan umum, yakni Pelabuhan Bumiharjo Kumai, Pelabuhan Bagendang Sampit, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Samudera Batulicin, dan Pelabuhan Kotabaru.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Rehabilitasi Lahan Kritis di Kalsel Butuh Satu Dekade

Read Next

Anti Politik Uang Kalsel Kecam Perusakan Spanduk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *