Pj Gubernur Kalsel Minta Pelayanan Pengungsi Banjir Diutamakan

Pj Gubernur Kalsel Safrizal meninjau pengungsian korban banjir di Satui, Minggu (16/5/2021).

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meninjau langsung lokasi banjir di Kecamatan Satui, Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (16/5/2021) siang.

Safrizal didampingi Kepala BPBD Provinsi Kalsel, Mujiat, bertolak dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru sekitar pukul 10.00 Wita menggunakan helikopter BNPB menuju lokasi banjir yang terjadi sejak Kamis (13/05) .

Safrizal ingin melihat kondisi korban banjir di pengungsian. Setiba di lokasi, Safrizal langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan Wakil Bupati Tanbu, Forkopimda setempat serta Kalaksa BPBD Tanbu dan Camat Satui, Kantor Camat setempat.

Pada kesempatan itu, Safrizal menyampaikan arahan terkait penanganan banjir di wilayah yang tercatat hingga Minggu (16/5/2021), ada 88 KK atau 324 jiwa masih bertahan di pengungsian.

Sesuai data posko induk. Saat ini, lokasi pengungsian berada di SMP 4 Sinar Bulan dan bangunan majelis taklim Sungai Danau.

Sebagian warga mengungsi ke rumah keluarga. Dalam arahanya, Safrizal minta penanganan lintas sektor pascabencana yang melibatkan TNI, Polri, BPBD, dinas sosial, dinas kesehatan, perusahaan dan komunitas lain seperti PMI dan Satgas bencana.

Selain itu, ia minta diutamakan penanganan pengungsi yang ada yakni di SMPN 4 Satui yang memiliki 15 ruangan, 9 ruang diantaranya terpakai untuk pengungsi, ruang ceria anak, dan pendampingan psikologi anak yang dilakukan petugas terlatih.

Kemudian, alat kesehatan dan peralatan kesehatan serta laporan secara akurat diharapkan kepada Pemerintah daerah, provinsi dan pusat.

Selain ke lokasi pengungsian, Safrizal meninjau dapur umum, dan makan siang bersama untuk memastikan menu konsumsi yang diberikan untuk masyarakat pengungsi layak dan sehat

Turut makan siang bersama Wakil Bupati Tanbu, Dandim 101/Antasari, Polres Tanbu, Kalaksa BPBD Provinsi Kalsel dan Kalaksa BPBD Tanbu serta stake holder lain dan relawan kebencanaan.

BACA JUGA  53 Anakan Anggrek Alam Ditanam di Bukit Priangan

Diketahui, BPBD provinsi dan kabupaten, dinas sosial serta para relawan turun membantu evakuasi dan penyaluran bantuan tanggap darurat bagi warga korban banjir yang melanda enam desa. Desa tersebut adalah Desa Sungai Danau, Sinar Bulan,Satui Timur, Satui Barat, Jombang dan Sejahtera Mulia.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Banjir saat Lebaran, Ini Kerugian Petani di Kotabaru, Tanbu, dan HST

Read Next

Pesan Bupati Batola saat ASN Pertama Masuk Pasca Lebaran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *