Penyintas Banjir Satui Dapat Trauma Healling

Genangan banjir di Desa Satui Timur, Kabupaten Tanah Bumbu pada Sabtu (15/5/2021).

Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak memberikan bantuan ke korban banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu. Bantuan ini salah satunya layanan dukungan psikososial (LDP) untuk memulihkan traumatik penyintas banjir.

Menurut Kasi Pelrindungan Bencana Alam Dinsos Kalsel, H. Achmadi, Layanan Dukungan Psikosisial digelar di posko pengungsian SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan. Ia berkata layanan ini untuk menghilangkan traumatik korban banjir.

“Tim LDP Dinsos Kalsel memberikan trauma healling bagi kelompok rentan, anak-anak dan wanita, sebanyak 100 orang di posko SMPN 4 Satui,” kata H. Achmad, Minggu (16/5/2021).

Selain trauma healling, Dinsos Kalsel lewat Taruna Siaga Bencana mendirikan dapur umum di posko SMPN 4 Satui. Logistik makanan untuk korban disediakan sebanyak 1.000 paket makanan.

Paket makanan untuk asupan tiga kali sehari. Sejak awal, pihaknya sudah melakukan langkah progresif dengan menyalurkan kebutuhan logistik untuk pemenuhan dasar korban banjir.

“Selain Dinsos Kalsel, Dinsos Tanbu juga telah mendirikan dapur umum di Satui menyediakan makanan cepat saji sebanyak 2.000 paket makanan,” ujar Achmad.

Total bantuan untuk banjir Satui dialokasikan Rp 69,7 juta berasal dari APBN dan APBD bencana alam, dan APBN bencana sosial. Bantuan logistik berupa matras, tenda gulung, makanan cepat saji, perlengkapan bermain anak, kopi, gula, dan mie instan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Cerita Korban Banjir Kalsel saat Lebaran: THR Banyu

Read Next

Banjir saat Lebaran, Ini Kerugian Petani di Kotabaru, Tanbu, dan HST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *