5 Mei, Pelindo III Tutup Rute Kapal Perintis ke Pulau Sembilan

Kapal AKR sandar di dermaga Pelabuhan Kotabaru milik PT Pelindo III.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru akan menutup layanan rute pelayaran kapal perintis ke Pulau Sembilan dan pulau-pulau kecil lainnya di Kabupaten Kotabaru. Hal ini seiring larangan mudik yang diberlakukan pada 6 Mei – 17 Mei 2021.

Menurut General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru, Zainal Abidin, layanan kapal perintis di Pelabuhan Kotabaru akan ditutup mulai tanggal 5 Mei 2021. “Tanggal 5 (Mei, red) enggak ada lagi (layanan kapal penumpang, red). Semua kapal tutup tanggal 5,” kata Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Kamis (22/4/2021).

Sesuai keputusan pemerintah, layanan transportasi massal akan ditutup pada 6 Mei – 17 Mei 2021. Zainal menuturkan kapal Sabuk Nusantara dan Prima Vista yang melayani rute perintis di Kabupaten Kotabaru. Kapal perintis melayani pelayaran dua kali dalam satu pekan. Namun, jadwal kapal berubah-ubah karena pandemi Covid-19.

“Kalau dulu hari Selasa dan Kamis, sekarang enggak netap. Rute Batulicin – Pulau Sembilan – Surabaya. Yang satunya lagi, Prima Vista, (melayani, red) Kotabaru – Tanjung Semelantakan – Paser – Balikpapan. Sabuk Nusantara ada juga ke Majene yang banyak penumpangnya 100 – 150 orang,” ungkap Zainal Abidin.

Menurut dia, belum ada lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Kotabaru. Zainal menduga masyarakat Kotabaru belum tahu pelarangan mudik, dan kapal melayani dua kali dalam sepekan.

“Enggak ada peningkatan, karena sifatnya kan mingguan jadi enggak begitu kelihatan. Orang-orang enggak tahu SK larangan mudik,” lanjut Zainal. Ia memastikan armada kapal rute perintis cukup layak untuk melayani penumpang.

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kotabaru – Batulicin rutin uji petik kapal setiap sandar di pelabuhan yang ada di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA  53 Anakan Anggrek Alam Ditanam di Bukit Priangan

Di tempat terpisah, Kepala Kantor KSOP Kotabaru-Batulicin Agus Sularto saat dikonfirmasi mengatakan, kondisi kapal yang ada di Pelabuhan Kotabaru dan Batulicin layak semua. “Jadi KSOP Kotabaru-Batulicin sudah melaksanakan ramp check atau uji petik kapal,” kata Agus Sularto.

Agus menjelaskan, begitu kapal datang sandar di pelabuhan, sebelum kapal berangkat, maka KSOP melakukan pemeriksaan. KSOP memeriksa alat keselamatannya, kondisi mensinnya, dan alat-alat lainnya.

“Jadi pemeriksaan ini sama pada saat sebelum pendemi virus Covid-19 terjadi. Intinya keselamatan diutamakan,” ujar Agus yang didampingi Kasi SSK/Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kotabaru-Batulicin, Suripto.

Kapal AKR sandar di dermaga Pelabuhan Kotabaru milik PT Pelindo III.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III merupakan perusahaan yang berperan dalam mengelola dan membawahi 43 pelabuhan umum di tujuh wilayah provinsi Indonesia.

Didirikan pada 1 Desember 1992, perseroan terus melakukan pengembangan dan memberikan layanan terintegrasi di segmen penyediaan jasa kepelabuhanan. Hingga saat ini, perseroan juga berperan sebagai perusahaan induk (holding company) dari anak usaha yang ada.

Setelah cukup lama berkiprah sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam sektor perhubungan, perseroan senantiasa bekerja keras dalam memenuhi segala tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya untuk mengelola 43 (empat puluh tiga) pelabuhan umum yang terdiri atas cabang utama, kelas I, II, III, dan kawasan. (M. Joni)

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Malam Hari, Cawi Ketangkap Bawa Tombak Kayu

Read Next

Pj Gubernur Kalsel Senang Proyek Jembatan Sei Salim Selesai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *