Pulau Curiak dan Muara Kanoko Jadi Wisata Minat Khusus

Hery Sasmita (depan) dan rombongan saat meninjau Pulau Curiak, Batola pada Sabtu (3/4/2021).

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menggandeng Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) untuk kembangkan eko wisata Pulau Curiak dan wisata Desa Wisata Muara Kanoko. Mereka meninjau lokasi itu pada Sabtu (3/4/2021).

Berdasarkan arahan Bupati Hj. Noormiliyani AS, tim dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala terdiri dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Barito Kuala (Disporbudpar) Gusti Ruspandi, Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, Kepala Bagian Prokopimda Hery Sasmita, dan Kepala Bagian Pemerintahan Daftiar Fajar.

Mereka ke lokasi ekowisata Pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko. Peninjauan ini dalam rangka persiapan pengembangan area wisata, baik itu wisata minat khusus yang sudah ada yaitu stasiun penelitian Bekantan di Pulau Curiak maupun yang baru saja dibangun yaitu taman buah lokal di Desa Wisata Kanoko.

Tim yang berangkat menggunakan speedboat dari dermaga penyebrangan Pulau Bakut disambut Ketua Yayasan SBI Amalia Rezeki bersama tim di stasiun penelitian Bekantan. Sebelumnya, sepanjang perjalanan khususnya di pulau Curiak tim disuguhkan dengan kehidupan alam liar dan burung-burung endemik hutan mangrove yang terbang bebas.

Kepala Bagian Prokopimda Batola, Hery Sasmita, memaparkan bahwa Bupati Hj. Noormiliyani AS berharap keindahan alam dan ramainya hewan-hewan eksotis di kawasan Pulau Curiak ini merupakan potensi alam sekaligus potensi wisata Kabupaten Barito Kuala yang sayang jika tidak kembangkan.

“Bupati Hj. Noormiliyani AS telah lama konsen dengan kelestarian Bekantan. Hal inilah yang membuat beliau yang juga merupakan pembina Yayasan SBI untuk mengembangkan wisata alam di Pulau Curiak dan Desa Wisata Muara Kanoko,” terang Hery Sasmita yang juga merupakan Ketua KNPI Kabupaten Barito Kuala ini.

Selanjutnya Ketua yayasan SBI Amalia Rezeki memaparkan bahwa wisata Bekantan di Pulau Curiak merupakan destinasi wisata yang “sexy” bagi wisatawan dengan minat khusus. “Setiap tahun kita memiliki kuota wisatawan sebanyak 100 wisatawan dan kuota ini selalu terisi, terutama sebelum pandemi ini,” terang Amalia.

BACA JUGA  Rifqinizamy Siap Tanggung Jawab soal UU Ciptaker

Potensi besar yang dimiliki Pulau Curiak yang berlokasi di Desa Marabahan Baru, Kecamatan Anjir Muara ini mendapat perhatian dari Kementrian Pariwisata. Sehingga dalam waktu dekat, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno akan meninjau lokasi wisata minat khusus Pulau Curiak dan Desa Wisata Kanoko ini.

“Perkiraan Pak Sandiaga Uno akan berkunjung sehabis Ramadhan, kemungkinan Juli atau Agustus. Karena itulah hari ini bersama-sama tim dari Kabupaten Barito Kuala mempersiapkan fasilitas-fasilitas tambahan,” tambah Amalia.

Amalia menyampaikan bahwa SBI bersama Pemkab Batola berencana membangun titian dan gazebo disepanjang area Desa Wisata Kanoko hingga pos penelitian Bekantan Pulau Curiak. Amalia memaparkan gazebo-gazebo ini akan ada sarana edukasi bagi pengunjung.

Selain itu Amalia berharap bersama Pemkab Batola dapat mengembangkan area ini menjadi wisata lingkungan minat khusus karena memiliki potensi lengkap seperti pertanian pasang surut yang unik hingga pasar terapung perikanan.

“Area pulau Curiak Desa Marabahan Baru ini memiliki potensi wisata yang besar dan sayang jika tidak dikembangkan,” tutur Amalia.

Kepala Disporbudpar Batola Gusti Ruspandi menyambut baik rencana pengembangan area wisata ini. Gusti menyampaikan pihaknya akan membantu pengembangan area wisata ini sebagaimana arahan Bupati Hj. Noormiliyani AS.

“Dengan kemampuan yang ada akan kita bantu fasilitasi pengembangan wilayah wisata ini,” terang pria yang akrab disapa Gusti ini.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

HT Ketangkap Simpan Sabu di Kambat Utara

Read Next

MTQ Kalsel Tiba-tiba Ditunda Akibat Covid

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *