Ditopang Galam, Jembatan Rejowinangun Rawan Ambruk

Konstruksi Jembatan Rejowinangun, Kecamatan Karang Bintang, Tanah Bumbu.

Warga mengeluhkan kondisi jalan poros yang berada di Desa Rejowinangun, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu.

Pasalnya jalan di atas kontruksi jembatan yang berpondasi tidak rata. Belum lagi ada ditambah penahan sayap jembatan, tiang kayu galam, dan diganjal papan.

Kepala Desa Rejowinangun, Ernawanto saat meninjau ke lapangan pada Sabtu (27/3/2021), melihat bahwa pekerjaan konstruksi jembatan itu tidak komitmen. Ia menilai struktur bangunan yang seperti itu, sayap jembatan jalan poros bisa saja roboh dikemudian hari.

“Kalau saya lihat dari pekerjaannya ini, sayap jembatan hanya dikasih kayu galam dengan diganjal papan, padahal atasnya itu pondasinya berat. Dikemudian hari apa ngga roboh ini sayap,” kata Ernawanto.

Ia berharap ada tim verifikasi agar melihat langsung keadaan dilapangan. “Jembatan ini antara Kecamatan Karang Bintang dan Kusan Hulu,” ujarnya.

Ernawanto meminta agar pekerjaan proyek perbaikan jembatan segera ditangani. “Saya tidak ingin disalahkan oleh warga, seolah-olah kepala desa yang bertanggung jawab. Padahal kami tidak memahami tentang proyek ini, namun memang di dalam papan proyek itu atas nama jembatan wilayah Rejowinangun,” jelasnya.

Dia juga mentaksirkan tentang selesainya proyek jembatan jalan poros tersebut, antara akhir Desember 2020. “Kalau tidak salah jembatan jalan poros ini kan selesainya baru dua bulan, rasanya akhir bulan Desember 2020,” pungkasnya.

Sementara itu, dihubungi melalui telepon pada Jumat 26 Maret 2021, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu, Ansyari Firdaus melalui Kabid Bina Marga Hernadi Wibisono, menjelaskan pekerjaan jembatan tersebut masih dalam tahap pemeliharaan.

“Itu masih masuk tahap pemeliharaan. Ya nanti segera akan kita kirimkan surat singkatnya,” ujar Hernadi.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Joni

Read Previous

Polisi Virtual di Mata Aktivis, Korban, dan Akademisi Banjarmasin

Read Next

Dinamika Teddy-Benny Terpilih Jadi Ketua-Sekretaris AJI Balikpapan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *