Dinamika Teddy-Benny Terpilih Jadi Ketua-Sekretaris AJI Balikpapan

Teddy Rumengan (tengah) dan Benny Oktariyanto (kanan) terpilih saat Konferta AJI Balikpapan, Sabtu (27/3/2021).

AJI Kota Balikpapan resmi memiliki nakhoda baru. Konferta IV tahun 2021 yang dilaksanakan, Sabtu (27/3/2021) mengamanatkan tongkat kepemimpinan kepada Teddy Rumengan dan Benny Oktariyanto.

Keduanya akan memimpin AJI Balikpapan sebagai ketua umum dan sekretaris periode 2021-2024. Pasangan tersebut melanjutkan kepemimpinan Devi Alamsyah-Teddy Rumengan yang sebelumnya menakhodai AJI Balikpapan sejak 2017 hingga 2020.

Dinamika kontestasi kental terasa tiga hari menjelang pelaksanaan. Pasangan Benny Oktariyanto-Fariz Fadhillah mendeklarasikan diri bertarung dalam kontestasi pemilihan ketua umum dan sekretaris.

Belakangan, muncul nama Rachmad Subiyanto-Ferry Cahyanti yang ikut mendeklarasikan diri maju berpasangan. Namun, di hari konferta, Fariz Fadhillah yang kini berdomisili di Banjarmasin, urung mendaftarkan diri sebagai bakal calon.

Praktis, pasangan yang sudah deklarasi sejak awal berubah formasi. Teddy yang memang digadang-gadang mengemban amanat selanjutnya akhirnya berpasangan dengan Benny.

“Konferta kali ini memang lebih semarak. Jauh lebih maju dibanding konferta-konferta sebelumnya yang sangat cair. Tanpa pencalonan dan minim dinamika. Tapi, semua tetap dibalut dengan persekawanan,” kata Devi Alamsyah, ketua AJI Balikpapan demisioner.

Pada proses pemilihan, pasangan Teddy-Benny akhirnya mengumpulkan suara terbanyak. Meraih 18 suara dari total 26 suara sah. Usai terpilih, Teddy pun menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan Tri Panji AJI lewat program-program AJI Balikpapan.

“Utamanya, di tengah pandemi, kami berkomitmen untuk mendorong perusahaan media lebih adil dan melindungi para jurnalisnya,” kata Teddy.

Ia juga menyoroti minimnya penggunaan alat pelindung diri (APD) yang seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan pers di tengah pagebluk Covid-19.

“Terakhir kami ingin terus mendorong pembentukan AJI kota di masing-masing daerah. Paling dekat adalah adalah di Banjarmasin. Yang kemudian di Palangkaraya,” kata dia.

Di tempat yang sama, Perwakilan AJI Indonesia, Mustakim, mengapresiasi kerja-kerja AJI Balikpapan yang sudah terbilang sukses menghelat ajang konferta. Dia tak menampik bahwa menghelat acara seperti ini tidaklah mudah.
“Di tempat lain, ada beberapa acara konferta yang tertunda. Selamat kepada teman-teman yang berhasil menggelar acara dengan riang gembira tanpa mengurangi substansi,” ujar ketua Bidang Organisasi AJI Indonesia tersebut.

BACA JUGA  AJ Oknum ASN Kotabaru Disanksi Komisi ASN

SEJARAH KONFERTA ERA BARU

Sejarah tercipta dari helatan Konferensi Kota IV AJI Kota Balikpapan, Sabtu (27/3/2021). Agenda tiga tahunan ini sukses digelar secara hybrid. Tatap muka yang dipusatkan di Hotel Golden Tulip, Balikpapan. Dan daring yang diikuti anggota AJI Kota Balikpapan dari berbagai daerah. Yakni di Balikpapan sendiri, Samarinda, Jakarta, Banjarmasin, Palangkaraya dan Pontianak.

AJI Kota Balikpapan memang memiliki sebaran anggota di empat provinsi di Pulau Kalimantan. Konferta kali ini diikuti 40 anggota AJI Balikpapan dan perwakilan AJI Kota Samarinda yang baru saja disahkan sebagai AJI kota pada Kongres XI AJI Indonesia beberapa waktu lalu.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Ditopang Galam, Jembatan Rejowinangun Rawan Ambruk

Read Next

PSU, Ruang Publik, dan Kewarasan Demokrasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *