Rusak Parah, Jalan Nasional Banjarmasin-Marabahan Ditutup

Antrean kendaraan di jalan nasional Banjarmasin-Marabahan Desa Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh.

Kerusakan jalan nasional ruas Banjarmasin – Marabahan, Provinsi Kalimantan Selatan, makin parah pada Minggu (14/3/2021). Akibat jalanan rusak, antrean truk dan kendaraan pribadi kerap mengular di Desa Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala.

Camat Rantau Badauh berkata kondisi jalan nasional ini dalam kerusakan parah pada Minggu (14/3/2021). Ia melihat kerusakan jalan di beberapa titik yang memicu truk bertonase berat ambles.

“Lumayan rusak parah di beberapa titik, beberapa kali terjadi truk ambles,” kata Camat Rantau Badauh, Minggu (14/3/2021).

Pihaknya dan warga sudah berulang kali menguruk infrastruktur jalan yang rusak, baik bantuan batu gunung dari Balai Jalan Nasional dan swadaya masyarakat. Lantaran masih diguyur hujan, jalanan kembali hancur akibat dilintasi truk berat.

Selain menguruk tanah, kata Camat Rantau Badauh, warga berinisiatif menambal jalan rusak pakai kayu galam agar lebih kuat. Setelah terpasang galam, kemudian diuruk tanah dan batuan.

“Penghamparan galam supaya lebih kuat dan bisa dilintasi seluruh alat transportasi, utamanya truk-truk besar. Selain hamparan galam, ditutup dengan tanah dan batu becros. Galam dalam proses penghamparan di beberapa titik,” ujarnya.

Adapun batu becros kemungkinan paling cepat tiba pada Minggu sore (14/3). Selama batu ini belum diuruk di atas kayu galam, ia tidak berani ambil resiko truk besar melintasi Desa Gampa Asahi.

Ia meminta truk bertonase besar tidak melintasi jalan nasional di wilayah Desa Gampa Asahi. “Kalau dibiarkan lewat dikhatirkan hamparan galam tidak mampu menahan beban, akibatnya ambles, dampaknya ke seluruh pengguna jalan,” ujarnya.

Menurut dia, upaya ini tindak lanjut arahan dari Bupati Batola, Wakil Bupati Batola, dan penjabat Sekda Batola, seraya menunggu perbaikan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Kalimantan.

BACA JUGA  Update Covid: Ada 46 Pasien Baru di Kalsel

“Untuk mobil pribadi masih bisa melintas, relawan kami berjaga. Mempersilakan mobil pribadi untuk melintas. Namun ada truk yang mengarasi, akhirnya jalan yang tadinya untuk akses mobil pribadi, hancur dan terpaksa ditutup total,” ucapnya.

Pihaknya akan membuka akses jalan setelah selesai perbaikan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Dituduh Selingkuh, Istri Dipukuli Suami di Panti Asuhan

Read Next

Walhi Tolak Limbah Batubara Keluar dari Ketegori B3

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *