Seruan Tangkap Eks Sekda Tanbu Dinilai Provokatif

Agus Rismalian Noor.

Praktisi hukum Agus Rismalian Noor bersikap atas adanya berita di satu media online tentang seruan tangkap mantan Sekda Tanah Bumbu atas dugaan tindak pidana Korupsi yang sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu.

Seruan oleh seorang tokoh pengusaha yang saat ini menjadi ketua satu ormas di Kalsel itu, menurut Agus, terkesan bermuatan provokatif dan tendensius.

Agus menilai seruan untuk menangkap seseorang yang diduga melakukan tindak pidana itu tidak menghormati asas hukum acara yang berlaku di Republik Indonesia, yakni presumption of innocence atau asas praduga tak bersalah.

Asas ini sebagaimana yang dimaksud pada UU Kekuasaan Kehakiman Pasal 8 ayat (1) UU 48/2009. Menurut dia, asas Presumption Of Innocence merupakan suatu cita-cita atau harapan agar setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut atau dihadapkan di depan pengadilan dianggap tidak bersalah.

“Sebelum ada putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap,” jelas Agus pada Kamis (11/3/2021). Lebih Jauh Agus mengimbau kepada seluruh pihak untuk bisa menghormati Proses hukum yang sedang berlangsung atas perkara tersebut.

“Mari kita hormati Proses hukum yang sedang berlangsung, kita percayakan kepada kejaksaan Negeri Tanah Bumbu untuk menanganinya,” himbaunya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Joni

Read Previous

Mahasiswa Madiun Ini Yudisium Online di Pengungsian Banjir HST

Read Next

Takut Longsor, Warga Menolak Galian Pasir Milik H.S

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *