Malam Hari, Sahbirin Noor Kirim Logistik ke Datar Ajab HST

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor bersama warga Datar Ajab, Kabupaten HST, Kamis (11/2/2021).

Gubernur Kalsel H. Sabirin Noor mengunjungi berbagai desa terdampak banjir parah di Kecamatan Batu Benawa dan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kamis (11/2/2021).

Salah satunya di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, daerah pelosok yang cukup parah terdampak banjir bandang dan longsor. Walaupun malam dan melewati kontur jalan curam, Sahbirin Noor tetap melanjutkan perjalanan dengan mengunakan motor trail.

Beberapa buah mobil angkutan bantuan turut ikut ke sana. Bantuan diserahkan kepada kepala desa setempat untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

Selain mengirim bantuan di Datar Ajab, bantuan sembako sebanyak 600 paket juga diserahkan secara simbolis kepada Camat Hantakan Kartadipura. Sebelumnya Paman Birin dan rombongan Desa Waki Batu Benawa.

Sebelum ke Hantakan, Gubernur Sahbirin memantau dampak banjir di Desa Waki, Kecamatan Batu Benawa dan disambut Sekda HST Faried Fakhmansyah bersama warga setempat. Sebanyak 400 paket sembako untuk Terdampak banjir di sana diterima simbolis oleh Iwan selaku Pembakal Waki.

Dalam kunjungan itu, Sahbirin juga memantau kerusakan rumah warga dan infrastruktur. 3 jembatan gantung putus padahal sarana vital masyarakat menuju kebun. Ratusan rumah juga rusak berat dan ringan dengan 51 diantaranya rumah hilang.

Usai penyerahan bantuan, selaku pribadi dan atas nama Gubernur, ia berduka atas kejadian banjir bandang yang menimpa berbagai kecamatan di HST. “Ini musibah bagi kita semua, semoga dari kejadian ini dapat kita ambil hikmahnya,” kata Sahbirin Noor.

Sahbirin berharap masyarakat dapat bersabar atas musibah ini. pemerintah Provinsi Kalsel saat ini selain memberikan bantuan tanggap darurat juga menyiapkan langkah rehabilitasi pasca bencana.

Sekda HST Faried Fakhmansyah mengucapkan terima kasih atas bantuan Gubernur Kalsel atas musibah banjir di HST. “Bantuan dari gubernur kita terima sejak awal terjadi banjir hingga saat ini, dan kali ini beliau langsung datang ke Desa Waki dan Desa Datar Ajab untuk mengantarkan bantuan,” kata Faried.

BACA JUGA  Aplikasi Setara Digadang untuk Desa Digital di Batola

Pemkab HST saat ini sudah selesai memverifikasi data rumah warga yang hilang akibat banjir bandang, sementara data rumah rusak berat dan ringan masih didata.

Data kerusakan rumah itu akan diserahkan ke BPBD Kalsel untuk diteruskan ke BNPB pusat sebagai data penerima bantuan dana rehab rumah mulai Rp 10 juta, Rp 25 juta hingga Rp 50 juta.

Camat Hantakan Kartadipura mengatakan akibat banjir dan longsor selain kerusakan infrastruktur jalan, jembatan serta fasilitas publik juga menghilangkan 127 rumah warga.

“Ada 914 kepala keluarga atau 2840 jiwa Terdampak banjir di Hantakan, ratusan rumah warga juga mengalami rusak berat, ringan bahkan hilang hanyut akibat banjir bandang,” ujar Kartadipura.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Tahun Baru Imlek dan Makna Tahun Kerbau

Read Next

Menanti Terdakwa Lain Kasus Dugaan Korupsi GORR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *