Warga Kirim 3 Sampel Dugaan Pencemaran Sungai Sebamban

Kepala DLH Tanah Bumbu, Rahmad Prapto Udoyo. banjarhits.com

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan verifikasi 3 sample air yang dibawa oleh warga bersama Kepala Desa Sebamban Baru. Warga mengirim sampel air ke Kantor DLH Tanah Bumbu atas dugaan pencemaran Sungai Sebamban, Kecamatan Sungai Loban.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu, Rahmad Prapto Udoyo, mengatakan warga Sebamban Baru pada Senin (8/2/2021), membawa 3 sampel air yang diambil di sekitar kegiatan tambang perusahaan PT Buma, yang merupakan kontraktor tambang dan tambang PT Borneo Indobara yang merupakan bagian Sinarmas Mining, serta tambang PT PCN.

Rahmad menjelaskan, sempel air itu diserahkan ke DLH Tanbu. Namun ia tidak percaya begitu saja. Pihaknya verifikasi dengan langsung turun ke lapangan bersama masyarakat dan perusahaan untuk membuktikan sampel yang warga Sebamban bawa dalam pembuktian pencemaran Sungai Sebamban.

“Jadi 3 sampel yang dibawa masyarakat tadi kita buktikan bersama, supaya kita tidak dianggap sepihak,”ujar Rahmad kepada banjarhits.com, Selasa (9/2/2021).

Menurut Rahmad, masyarakat berharap agar Sungai Sebamban dapat difungsikan sebagai mana mestinya, yaitu fungsi sumber air dan tempat pencarian nelayan di Sungai Sebamban.

“Kalau perusahaan menerapkan good mining practice mestinya bisa. Karena ini untuk kepentingan masyarakat. Masyarakat mintanya sederhana saja, bagaimana sungai itu seperti dulu lagi, tidak harus jernih. Tapi bisa difungsikan sebagai sungai, bukan tanah yang terbawa,” tutupnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Joni

Read Previous

Sahbirin Noor Torehkan Sejarah saat Hari Pers Nasional 2021

Read Next

Buaya Naik ke Kebun Pisang Milik Warga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *