Sahbirin Noor: Warga Terdampak Banjir Sakit Gatal dan Kutu Air

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyalurkan bantuan ke warga di Sungai Tabuk, Banjar, Kamis (4/2/2021).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, memimpin langsung distribusi bantuan sekaligus layanan kesehatan bagi Terdampak banjir di berbagai desa, Kamis (4/2/2021) pagi. Salah satunya yang dikunjungi adalah Desa Sei Pinang Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Sahbirin Noor bersama tim berangkat mengunakan mobil dengan membawa serta obat-obatan dan paket sembako bantuan Presiden RI. Namun untuk menuju pemukiman warga yang masih banjir, rombongan Paman Birin harus mengunakan jukung.

Menurut Sahbirin, saat ini masyarakat terdampak banjir bukan hanya memerlukan sembako untuk makan tapi juga obat dan layanan kesehatan. “Berdasar pantauan kita di berbagai daerah terdampak banjir, ada yang mengeluhkan sakit gatal-gatal, kutu air hingga sakit perut,” terangnya.

Untuk itu, ia membawa tenaga kesehatan dan obat-obatan guna mengantisipasi keluhan penyakit akibat banjir yang terjadi. Sahbirin sudah instruksikan kepada BPBD, Dinkes dan Dinsos agar memonitor daerah-daerah yang masih terjadi banjir dan tanggap terhadap keluhan masyarakat seperti kebutuhan air bersih, keluhan penyakit dan lainnya.

Ia juga merasa bersyukur selama tanggap darurat bencana banjir Kalsel, bantuan terus berdatangan baik dari pemerintah pusat, TNI/Polri, Pemerintah daerah tetangga, unsur swasta dan perusahaan, relawan, unsur masyarakat dan para dermawan.

Sementara Kadinkes Kalsel HM Muslim mengatakan ada 5 penyakit yang banyak didera korban banjir yaitu prulitis atau gatalan, kutu air, asam lambung, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Muslim juga mengatakan pada saat banjir perlu diperhatikan keterbatasan air bersih dan kebutuhan personal higienis. “Untuk menangani kesulitan air bersih selama bencana banjir, perlu tehnologi sederhana agar dapat mengubah air yang ada menjadi air bersih,” kata Muslim.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Setelah Wabup Divaksin, Warga Batola Akan Divaksin Corona

Read Next

Kisah Pilu Guru Honorer Korban Banjir di HST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *